Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pontianak tahun 2020-2024, akan memfoskuskan salah satunya pada pembangunan infrastruktur transportasi.

"RPJMP Kota Pontianak lima tahun ke depannya, yakni pembangunan infrastruktur transportasi, infrastruktur untuk kawasan waterfront city, jalan lingkungan, drainase lingkungan, air bersih, sanitasi, serta masalah persampahan," kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Rabu.

Selain itu, menurut Edi, Pemkot Pontianak juga akan memfokuskan pembangunan pada bidang kesehatan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat Pontianak.

"Adapun sektor kesehatan yang menjadi fokus kami, yakni pembangunan rumah sakit di Kecamatan Pontianak Utara dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat di kecamatan tersebut," ungkapnya.

Kemudian, menurut dia, peningkatan kualitas puskesmas, peningkatan rumah sakit yang ada serta pendidikan. "Kami juga akan membangun beberapa sekolah, kemudian kualitas infrastruktur bangunannya juga akan ditingkatkan serta prasarana bangunannya," kata Edi.

Terkait RPJMD, menurut Edi, sudah menjadi kewajiban dirinya setelah dilantik dari tanggal 23 Desember 2018 lalu, yang mana paling lambat enam bulan harus sudah menyelesaikan Perda RPJMD 2020-2024 sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 88/2007.

"RPJMD disusun lima tahunan untuk melaksanakan visi misi saat dirinya bersama Wakil Wali Kota, Bahasan berkampanye dalam ajang pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pontianak beberapa waktu lalu," ujarnya.

Yakni, untuk menciptakan Kota Pontianak berwawasan lingkungan yang cerdas dan bermartabat dalam lima tahun ke depannya, di era kemimpinannya bersama Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan, katanya.
 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019