Dinas Ketahanan pangan dan Perikanan Kabupaten Ketapang menggelar Festival Pangan Lokal berupa berbagai macam panganan bergizi seimbang dan aman(B2AA). Di ajang tersebut, dinas bekerja sama dengan Tim penggerak PKK Kabupaten Ketapang untuk mensosialisasikan makanan bergizi seimbang.

Kegiatan yang mengusung tema mendorong penerapan konsumsi lokal yang beragam bergizi seimbang dan aman serta bernilai komersial dibuka oleh Bupati melalui Sekda HM Farhan, yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Junaidi SP, Forkopimda, Asisten I Setda Donatus Franseda, Kepala Dinas Kepala Badan, serta diikuti Perwakilan kader PKK seluruh Kecamatan se Kabupaten Ketapang, dipusatkan di Pendopo Bupati Ketapang, Selasa (25/6).

Festival ini diharapkan dapat menumbuhkan kreatifitas dan inovasi dalam membuat olahan pangan yang menarik, citarasa tinggi, dan bernilai gizi, tetapi nilai komersialnya juga menjadi perhatian, sehingga ada nilai ekonomi yang diperoleh.

Sekda H M Farhan membacakan sambutan tertulis Bupati Martin Rantan mengatakan pangan merupakan hal yang sangat penting dan strategis mengingat pangan adalah kebutuhan dasar manusia.
 
Sekda HM. Farhan melihat hasil kreasi makanan lokal yang bergizi dari peserta Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Ketapang dalam Festival Pangan Lokal 2019 (Istimewa)


“ Pemenuhan pangan merupakan bagian hak azasi individu dan sebagai komponen dasar untuk sumber datya masnusia yang berkualitas “ kata Sekda.

Dijelaskan Sekda Farhan oleh karenanya diperlukan pangan yang beragam bergizi seimbang dan aman dengan komposisi ideal yang dianjurkan seperti kelompok umbi-umbian pangan hewani sayur dan buah serta kacang-kacangan.

“ Guna menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul dengan memperbaiki kualitas konsumsi pangan masyarakat “ terang Farhan.

Selanjutnya konsumsi pangan berkualitas dapat diwujudkan apabila makanan  yang dikonsumsi sehari hari mengandung zat gizi lengkap sesuai kebutuhan dengan jumlah yang berimbang.

“ Upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang penganekaragaman pangan melalui penyediaan pangan yang B2SA sehingga terciptanya SDM yang berkualitas," ujarnya.

Pemerintah daerah disampaikan Sekda Farhan menyambut baik pelaksanaan festival pangan lokal B2SA ini. Dia berharap untuk kaum ibu rumah tangga bukan hanya meningkatkan wawasan tetapi semakin kreatif dan inovatif dalam mengolah dan mengkreasikan bahan makanan

“ Saya berharap kaum ibu gencar mensosialisasikan pengolahan menu pangan beragam bergizi seimbang “ tandasnya.

 

Pewarta: Alwi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019