Borneo Jazz Festival 2019 di Miri, Sarawak, akan menghadirkan sejumlah artis-artis terkenal dari seluruh dunia, Deretan para penampil digambarkan sebagai pemain instrumentalis yang dikenal sebagai Alberto Marciso Trio, Chanda Rule, Fox Capture Plan dan Kirk Lightsey.

Alberto Marciso Trio lahir pada tahun 1966, Turin, Italia dan telah menjadi salah satu pemain Organ Eropa paling terkenal. Semangatnya untuk bermain organ pertama kali muncul ketika ia menghadiri sebuah lokakarya oleh mendiang Jack McDuff pada tahun 1994, seorang pemain organ jazz Amerika yang paling menonjol selama era hard jazz jazz era 1960-an. Pada tahun 2014 ia bermain di The Blue Note di Tokyo dan merekam "Jazz-Blues Brothers" pada bulan Oktober, yang dirilis oleh Verve Records.

Kirk Lightsey adalah pianis kelahiran Michigan dengan pencapaian luar biasa dan fleksibilitas yang terus-menerus dalam mengeksplorasi suara dan tekstur baru, ia juga bekerja dengan sejumlah bintang Jazz utama seperti Firaun Sanders, Chet Baker, Damita Jo dan Marilena Paradisi, antara lain.

Sejak pertengahan 90-an, Lightsey telah tinggal di Prancis, di mana ia terus melakukan tur dan membuat rekaman. Ia juga bermain untuk sesi rekaman hit Motown, dilatih dengan pianis klasik Boris Maximovich dan melakukan tur dengan pemain saksofon jazz Amerika Dexter Gordon selama lima tahun. Dia juga merilis beberapa album, termasuk Nat King Cole tahun 1990 “From Kirk to Nat”, dan 1994 “Goodbye Mr. Evans”. Pada 2015 ia bergabung dengan bassis Tibor Elekes dan drummer Famoudou Don Moye untuk album trio, Le Corbu. Dua tahun kemudian ia berkolaborasi dengan vokalis Marilena Paradasi pada “Some Place Called Where”.

Fox Capture Plan dibentuk pada 2011 dengan Ryo Kishimoto pada Piano, Hidehiro Kawai pada Double Bass, dan Tsukasa Inoue pada Drums, grup menggambarkan diri mereka sebagai band Jazz Rock Jepang kontemporer. Pada 2012 mereka merilis mini-album pertama berjudul "Fleksibel" di bawah Playwright Label dan memenangkan Jazz Japan Award 2015 untuk album terbaik tahun ini. Mereka juga bermain di berbagai festival dan tempat, seperti Tokyo Jazz Festival, Fuji Rock Festival, Blue Note Tokyo dan Summer Sonic. September 2018, Fox Capture Plan merilis album ke-7 mereka yang berjudul "Capturism". Selain tampil, mereka juga merekam musik untuk drama televisi dan animasi.

Dilahirkan di era kegilaan Disco-Funk di Chicago, Chanda Rule telah menganyam cerita melalui lagu, menyenandungkan melodi, membengkokkan kata-kata sejak masa kecilnya dan menjadi Ratu Injil Kontemporer. “Listening to Roots and Voicing Branches”, karya teater multimedia yang ia tulis dan tampil bersama artis Somi disajikan di Seri Karya Baru Unggulan Apollo Salon dan Lincoln Center.
Dengan anggun memukau para penonton di tingkat nasional dan internasional, penyanyi yang luar biasa ini memulai karirnya di teater musik di berbagai produksi, dari Hudson Shakespeare Company di New Jersey dan tur regional, hingga "Hair, The Musical" di Amsterdam, Belanda dan Milan, Italia.

Suara menentang genre Chanda telah ditampilkan dalam berbagai proyek musik: dari album terbarunya "" Sapphire Dreams "" yang direkam pada 2018 dengan pianis legendaris Kirk Lightsey, hingga "Feeling Good: A Tribute to Nina Simone" di mana ia ditampilkan dengan pemain saksofon Donny McCaslin, Dia juga tampil sebagai pembuka untuk India.Arie, Amel Larrieux, Angela Bofill, Regina Belle & The Whispers, dan di televisi langsung untuk ORF's Dancing Stars.

Borneo Jazz Festival adalah salah satu festival jazz terlama di Malaysia, yang sepenuhnya dimiliki oleh Sarawak Tourism Board dan diorganisir oleh No Black Tie.

Untuk informasi lebih lanjut tentang festival ini termasuk daftar pertunjukan, kegiatan dan sorotan masuk ke https://borneojazzfestival.com atau https://www.facebook.com/borneojazz.official/.


 

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019