Hadir dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PT ANTAM Tbk di Unit Bisnis Pertambangan Bauksit (UBPB) di Kecamatan Tayan Hilit, Sanggau Kalbar, Direktur Keuangan PT ANTAM Tbk, Dimas Wikan Pramudito menyebutkan diusia ke-51 setelah melalui berbagai tantangan PT ANTAM Tbk masih dapat membukukan kinerja positif.

"Pada kuartal 1, ANTAM mencatatkan laba bersih tahun berjalan sebesar 171,67 miliar rupiah dengan EBITDA positif sebesar 701,47 miliar rupiah. Sementara itu, dari segi pencatatan penjualan, pada kuartal 1 ANTAM membukukan 6,22 triliun rupiah, meningkat 9 persen dibandingkan kuartal 1 tahun 2018 sebesar 5,73 triliun rupiah," kata Direktur Keuangan PT ANTAM Tbk, Dimas Wikan Pramudito di Sanggau, Jumat.

Ia mengatakan, pada awal tahun 2019 ini, ANTAM masih menghadapi banyak tantangan, baik di internal maupun eksternal. Alhamdulillah berkat doa dan kerja keras seluruh Insan ANTAM, kita masih mampu mengatasainya.
 
"Sebagai pemenuhan komitmen untuk terus melakukan inovasi produk, pada bulan April, ANTAM telah meluncuran logam mulia “ANTAM Gift Series” sebagai upaya Perusahaan untuk meningkatkan nilai tambah produk," katanya. 

Dari sisi operasi dan produksi lanjutnya, hingga bulan Mei 2019, ANTAM masih tercatat sebagai produsen nikel berbiaya rendah di dunia dengan tingkat biaya tunai sebesar 3,7 USD/Pound Nickel. Sementara itu, dari sisi pengembangan, Project P3FH line 1 hingga bulan Juni 2019 telah mencapai 96,92 persen.

Sedangkan, hingga Juni 2019 UBPB Kalbar juga berhasil membukukan EBITDA positif sebesar 84,85 Miliar atau naik 41persen dari Juni 2018 sebesar 50,25 Milyar. UBPB juga berhasil mencatatkan penjualan sebesar 335 Milyar atau naik 63 persen dari Juni 2018 sebesar 125 Milyar.

"Tahun 2019, UBPB mempunyai target produksi sebesar 3,175,000 Wbx dan target penjualan sebesar 2,915,125 wmt merupakan tantangan yang cukup besar bagi semua Insan ANTAM UBPB, namun saya yakin bahwa UBPB akan dapat mencapai target tersebut dan memberikan Beyond Expectations kepada Direksi dan seluruh stakeholder," kata Dimas.
 
Pemotongan nasi tumpeng pada acara perayaan HUT PT ANTAM Tbk ke-51 di halaman kantor UBPB Kalbar di Kecamatan Tayan Hilir, Sanggau Kalbar. (Istimewa)
Ia menambahkan, pada HUT ke-51 ini ANTAM mengambil tema Transforming for Glorious Future. Tema ini memaknai panggilan kepada seluruh insan ANTAM untuk mengaktivasi kembali PIONEER yaitu Profesionalism, Integrity, Global Mentality, Excellence, dan Reputation sebagai nilai-nilai perusahaan ke dalam setiap langkah gerak ANTAM.

"Sebagai Insan ANTAM kita harus melaksanakan pekerjaan secara profesional untuk memberikan kontribusi yang terbaik bagi perusahaan dengan selalu mengedepankan integritas," ujarnya

Ia menambahkan, tema ini juga berarti bahwa setiap insan ANTAM harus memiliki atribut kepemimpinan SENSE yaitu Speed, Energize, Respect dan Courage. Dalam menjalankan setiap tanggung jawab, "ANTAM harus memiliki passion dan energi yang positif sehingga pada akhirnya terbentuklah insan ANTAM yang Beyond Expectation, memiliki Environmental Awareness dan mampu mewujudkan Synergize Partnership atau yang selalu kita jadikan jargon di setiap kesempatan yaitu BEST," pungkasnya.

 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019