Bupati Ketapang, Martin Rantan, Sabtu (27/7) bersama kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meninjau lokasi pembangunan Jembatan Sungai Pesaguan Tiga.

Menurut Bupati Ketapang, ia hadir di lokasi pembangunan jembatan bersama Plt Kadis PUTR, Kasat Polisi Pamong Praja, Camat Tumbang Titi, mantan Kades Jungkal dan lain-lain, karena dirinya memandang jembatan tersebut sangat penting untuk pelayanan publik.

Hal tersebut sesuai dengan visi dan misi Bupati Ketapang yaitu Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera.

Misi tersebut adalah meningkatkan insfrastruktur daerah, karena itu sangat penting dilanjutkan pembangunan jembatan tersebut.
 
Peninjauan lokasi pembangunan Jembatan Sungai Pesaguan Tiga (Andi)


Jembatan pertama berada di Sungai Kuala Pesaguan Kecamatan Matan Hilir Selatan, sedangkan Jembatan Sungai Pesaguan Dua berada di Tumbang Titi dan Pesaguan tiga di Desa Nanga Kelampai.

Jembatan ini menghubungkan akses dari Desa Pematang Jaya ke Jungkal ke Nanga Kelampai.

Bupati Ketapang mengatakan kedepan pihaknya akan meminta pihak PUTR melaksanakan perawatan jalan Jungkal ke pinang sehingga suatu saat kalau bandara jadi, maka akses masyarakat selatan menuju bandara lewat jalur ini lebih dekatnya.

"Jika ada masyarakat yang memiliki kebun di kiri kanan sungai bisa terhubung dengan jembatan sehingga bisa angkut dengan kendaraan besar," Katanya.

Martin Rantan mengatakan saat ini masyarakat hanya bisa menggunakan jembatan darurat yang hanya untuk sepeda motor. Namun ketika nanti pembangunan jembatan sudah selesai maka akan sangat membantu transportasi masyarakat.
 
Peninjauan lokasi pembangunan Jembatan Sungai Pesaguan Tiga (Andi)


Diterangkan Bupati, pada Tahun 2019 berdasarkan laporan dari Plt Kepala Dinas PUTR telah dialokasikan anggaran sebesar Rp 7,5 miliar.

Sementara itu, mantan Kepala Desa Jungkal, M.Talip mengatakan kalau sudah terbangun akses jalan ini terutama khususnya Desa Jungkal - Kelampai , maka menjadikan jalan penghubung desa Pinang sampai Kendawangan bisa lancar.

"Supaya nanti masyarakat aksesnya untuk perkebunan nyaman dan bisa dinikmati masyarakat Kecamatan Marau- Air upas bisa lewat dari sini," katanya.

Dia berharap ke depan Kabupaten Ketapang bisa membangun akses jalan tersebut.

 

Pewarta: Andi/Humas Ketapang

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019