Kelompok 31 Kuliah Kerja Lapangan  Institut Agama Islam Negeri (KKL IAN ) Pontianak  2019 menghadirkan kegiatan Bimbingan Belajar (Bimbel) gratis untuk anak-anak Desa Pasak, Parit Bugis, Kab. Kubu Raya.

“Kegiatan Bimbel gratis  yang saat ini tengah berlangsung dilaksanakan di Surau Nurul Huda samping Posko. Selama KKL berlangsung kegiatan Bimbel gratis ini diinisiasi sebagai upaya pemberdayaan pendidikan,” ujar  Anggota Kelompok 31 KKL IAIN Pontianak, Liansyah saat dihubungi di Kubu Raya, Senin.

Ia menjelaskan bahwa  kegiatan Bimbel membantu anak – anak untuk mempercepat  proses pembelajaran.

“Teman -  teman kelompok KKL 31 juga cukup antusias untuk mengajar walaupun dari berbagai program  studi yang berbeda,” kata dia.

Program  tersebut jelas dia merupakan sebuah terobosan  mengingat sebelumnya belum pernah ada Bimbel yang mengajar secara intensif,  walaupun dalam 40 hari tapi anggota KKL 31 selalu memberikan yang terbaik, terlihat dari jumlah murid yang selalu bertambah setiap hari nya.

“Bimbel dilaksanakan rutin setiap hari Jumat hingga Rabu pukul 18.30 sampai pikul 20.15 menit, anak-anak yang berpartisipasi mulai dari jenjang Pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan (MI) Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Menengah Dasar (SMP) Madrasah Tsanawiyah (MTs) Mereka berkumpul untuk mengikuti kegiatan bimbel ini dengan semangat dan antusias, diawali dengan membaca doa kegiatan pun dimulai,” papar dia.

Program Bimbel Gratis ini disambut baik oleh masyarakat dan kepala Desa Pasak karena dari sebelumnya Bimbel seperti ini belom pernah ada, terlihat dari anak-anak yang mengikutinya yaitu terdiri dari 20 anak SD dan MI dan 15 anak SMP dan MTS. Bahkan semakin harinya semakin bertambah yang datang. Walaupun dengan fasilitas yang sederhana tidak mengurangi minat belajar siswa/i. Hal ini di buktikan dengan adanya beberapa siswa/i yang hadir dari desa tetangga yang jaraknya cukup jauh, sehingga mereka pergi Bimbel di antar orang tuanya.

Sadi selaku tokoh masyarakat setempat sangat mendukung dengan adanya kegiatan Bimbel tersebut.

“Dengan adanya mahasiswa IAIN Pontianak diharapkan mampu memberikan warna baru proses pengajaran.Mahasiswa KKL kita yakin pasti punya ilmu yang dapat dibagi ke pada siswa,” jelasnya.

Pewarta: Musli/Nur Fadila/Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019