Pemerintah Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat bergerak cepat terkait rencana pembangunan jalan tol Pontianak - Singkawang. Salah satunya akan mulai menyiapkan anggaran pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol Pontianak-Singkawang.

"Sebelumnya kita juga sudah mengadakan pertemuan dengan kepala balai jalan beberapa waktu yang lalu mengenai jalan tol Pontianak-Singkawang karena Singkawang merupakan 'exit' tol. Mengenai hal ini juga akan dilakukan rapat lanjutan mengenai lahan yang terdampak atau yang akan dibebaskan," kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, di Singkawang, Sabtu.

Melalui rapat lanjutan itu, kata dia, sekaligus bisa diketahui berapa luas dan berapa panjang lahan yang diperlukan.

Apabila jalan tol Pontianak-Singkawang bisa terwujud, tentu akan mempermudah dan memperlancar perjalanan dari Pontianak-Singkawang.

"Di mana saat ini Kota Singkawang lagi membenahi semua tempat-tempat wisata. Dengan kelancaran transportasi diharapkan Singkawang bisa menjadi salah satu kota tujuan wisata Indonesia," ujarnya.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Abdul Malik Fadjar, mengatakan jika sudah banyak akses di Singkawang, seperti bandara dan jalan tol, pengunjung bisa langsung ke Singkawang dan tidak lagi transit di Pontianak.

"Sama halnya mau ke Borobudur dengan adanya bandara Kulon Progo maka tidak perlu lagi transit ke Yogya," katanya saat berkunjung ke Singkawang, beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungannya itu, dia juga menyatakan kagum dengan Kota Singkawang yang merupakan kota paling toleran di Indonesia.

"Kota ini akan menjadi kota menarik, terutama dalam konteks banyak sekali peninggalan sejarah, warisan budaya, dan kuliner," ujarnya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019