Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan bahwa HUT ke-58 Gerakan Pramuka menjadi momentum untuk membangkitkan kembali semangat kepramukaan di kota tersebut.

"Kita harus membangkitkan semangat dan sinergi pelajar dalam kehidupan, kegiatan, maupun koordinasi kepramukaan di kota ini,"  jelasnya saat menyampaikan kata sambutan di HUT ke-58 Gerakan Pramuka di Pontianak, Rabu.

Selaku Kamabicab, ia ingin menjadikan Gerakan Pramuka yang milenial dengan ciri khas kearifan bangsa Indonesia serta mengutamakan musyawarah dan gotong royong.

"Dengan selalu mengutamakan musyawarah dan gotong royong, agar dapat membentuk karakter pelajar serta dapat dipraktekkan langsung ke masyarakat," ujarnya.

Dia mengatakan perlu kerja sama seluruh guru dan pelajar dalam menciptakan Kota Pontianak yang kondusif, serta generasi yang memiliki sikap disiplin dan kepemimpinan dalam kepramukaan yang berpedoman pada Trisatya dan Dasa Dharma.

Sementara itu, Septianda Pratika seorang pembina gugus depan yang ada di Kota Pontianak menuturkan kalau sekolah lebih semangat dalam mendukung Gerakan Pramuka yang menjadi ekstrakurikuler terutama hanya di tingkat SD.

Dia berharap Gerakan Pramuka bisa menjadi tameng dalam membentuk karakter siswa serta mendapat dukungan dari pemerintah yang menyeluruh untuk memajukan Kota Pontianak ini.


 

Pewarta: Teguh/Nengsih (Magang)

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019