Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani mengunjungi lokasi kebakaran hutan dan lahan di Desa Medan Jaya dan Dusun Sungai Jambu Desa Nipah Kuning Kecamatan Simpang Hilir pada Selasa (13/8).

Dalam kunjungannya, Bupati turun langsung ke lokasi kebakaran serta turut membantu para pemadam kebakaran untuk memadamkan api yang sudah menghanguskan lahan warga setempat.

Bupati Citra mengatakan lahan gambut dan terbatasnya sumber air membuat api susah untuk dipadamkan serta hampir menghanguskan perkebunan warga.
 
Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani (Humas / Japri)


"Saya melihat kebakaran yang terjadi ini dikarenakan lahan disini tanahnya gambut serta sumber air juga sulit sehingga api susah untuk dipadamkan dan menjalar ke perkebunan warga, namun dengan bantuan para pemadam kebakaran dan warga disini Alhamdulillah api yang tadinya sudah hampir menghanguskan perkebunan warga sudah bisa dipadamkan," ucap Citra.

Kemudian Bupati menerangkan bahwa untuk memadamkan kebakaran yang terjadi di Kecamatan Simpang Hilir ini, tim pemadam kebakaran telah membagi armada di 2 titik.

Yaitu di Desa Medan Jaya dan Dusun Sungai Jambu, hal ini dikarenakan ke 2 daerah ini memiliki lahan yang gambut sehingga api mudah untuk menjalar hingga ke permukiman warga.

Citra juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap selalu mengontrol titik api.
 
Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani (Humas / Japri)



"Saya juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu berjaga-jaga serta mengontrol titik api, apabila melihat sekecil apapun sumber api tersebut agar segera untuk dipadamkan sehingga tidak terjadi kebakaran yang besar dan menjalar ke perkebunan warga," ujarnya.

Kunker Bupati di Desa Medan Jaya dan Dusun Sungai Jambu Desa Nipah Kuning ini juga turut didampingi oleh Kepala BPBD Kayong Utara, Plt. Kepala Dinas PU Kayong Utara, Kasat Pol PP, Camat Simpang Hilir, TNI serta Polsek Simpang Hilir.

Pewarta: Rizal/Humas /Japri

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019