Bupati Kayong Utara Citra Duani membuka secara resmi kegiatan Festival Budaya Kayong Utara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Kayong Utara Ke 12 dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di Pelataran Utama Eks Sail Karimata Pantai Pulau Datok Sukadana pada Rabu (14/8).

Pembukaan festival budaya ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati dan didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kayong Utara, Kapolres Kayong Utara, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim Ketapang, Sekda Kayong Utara, Ketua TP. PKK Kayong Utara serta dihadiri oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kayong Utara.

Acara pembukaan festival budaya tersebut juga diisi dengan kegiatan makan seprahan yang dilaksanakan oleh Bupati beserta seluruh OPD, Forkopimda dan instansi vertikal yang berada di Kayong Utara.

Dalam sambutannya, Bupati Kayong Utara sangat mendukung pelaksanaan kegiatan Festival Budaya Kayong Utara.

Baca juga: Kampung Budaya Sarawak siap terima pengunjung RWMF 2019

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Kayong Utara sangat mendukung kegiatan festival budaya ini, karena rangkaian kegiatan ini akan berpengaruh signifikan terhadap pengembangan dan pelestarian serta upaya untuk peningkatan apresiasi masyarakat terhadap seni dan budaya lokal yang ada di Kayong Utara," Ucap Citra ketika menyampaikan sambutan.

Kemudian Citra juga mengungkapkan kegiatan Festival Budaya adalah salah satu upaya pemerintah untuk melestarikan, mengembangkan serta memperkenalkan budaya yang ada di Kayong Utara.

"Dengan dilaksanakannya Festival Budaya yang pada hari ini akan saya resmikan maka ini adalah salah satu upaya pemerintah dalam melestarikan, mengembahkan serta memperkenalkan budaya dan kesenian yang ada di Kabupaten Kayong Utara kepada masyarakat baik yang ada didalam maupun yang berada diluar Kayong Utara." Ungkapnya.

Bupati Citra menjelaskan bahwa Festival Budaya Kayong Utara ini juga merupakan salah satu sarana atau media bagi seniman dan budayawan lokal untuk menampilkan kreatifitas dan sekaligus sebagai evaluasi perkembangan kesenian dan kebudayaan yang ada di Kayong Utara sehingga kesenian dan kebudayaan yang ada di daerah tetap eksis walaupun ada beberapa budaya luar yang masuk ke Kayong Utara.

Baca juga: Perhelatan Festival Budaya Dayak di Bengkayang kenalkan ikon dan budaya

Selanjutnya, Bupati Citra berharap kepada para pelaku seni dan budaya agar terus berkarya dengan penuh kreativitas dan berinovasi.

"Saya berharap kepada seluruh pelaku seni dan budaya yang ada di Kayong Utara agar teruslah berkarya dengan penuh kretivitas dan berinovasi, karena dengan demikian maka seni dan budaya yang menjadi jati diri masyarakat Kayong Utara dapat eksis ditengah masyarakat kita." Harap Citra.

Citra juga berkeinginan agar kedepan festival budaya Kayong Utara tersebut dapat diselenggarakan dengan skala yang lebih besar bahkan bila perlu tahun depan kita akan undang negara-negara tetangga atau negara serumpun demi untuk mengenalkan budaya kita kepada mereka serta untuk memeriahkan pelaksanaan kegiatan festival budaya Kayong Utara.

Baca juga: Kelam Tourism Festival Tampilkan Budaya Lokal

Pewarta: Humas / Japri

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019