Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan pihaknya bertekad untuk menjadikan kabupaten itu sebagai daerah yang mandiri dan berkontribusi bagi Republik sehingga dapat memperkuat persatuan bangsa.

"Untuk itu, saya mengajak segenap warga Kubu Raya untuk memaknai kemerdekaan ini tidak hanya dalam bentuk peringatan 17 Agustus namun juga dalam kehidupan sehari-hari. Karena ini merupakan bagian dari refleksi bagi semuanya termasuk Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang sudah berusia 12 tahun, sehingga kita harus menjadikan Sumber Daya Manusianya Unggul dan bagaiman pengangguran dan kemiskinan di daerah ini semakin berkurang," kata Muda, saat memimpin upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 di Kabupaten Kubu Raya, Sabtu.

Dia mengatakan, dengan langkah ini, tentunya kehidupan masyarakat akan lebih tenang dan bahagia dan pihaknya melaksanakan upacara ini tidak hanya sekedar seremoni, gagah-gagahan dan formalitas saja.

"Namun saya mengingatkan dan mengajak semuanya untuk merefleksikan, memperkuat dan menanamkan di dalam pikiran dan hati sanubari agar keterpanggilan kita semakin kokoh untuk berbuat yang terbaik bagi generasi kita," katanya.

Muda menjelaskan, hendak masyarakat harus berpikir bagaimana untuk generasi yang akan datang, karena dulu generasi pendiri bangsa telah berfikir jauh kedepan menembus zaman untuk memikirkan kita yang hari ini ada, bisa bebas, tidak terjajah, dan bisa hidup dengan demokrasi yang baik.

"Sekarang kita punya tanggung jawab memikirkan bagaimana kehidupan generasi kedepannya. Jangan sampai di era global, digital dan serba cepat saat ini harus memiliki daya saing, mempunyai kemampuan kompetensi, harus mampu mendunia dan jangan sampai menjadi daerah yang gagal," tuturnya.

Dia mengatakan Kubu Raya terus bertekad bagaimana menjadi bagian dari Indonesia yang berhasil. Artinya dengan berusaha meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Menurunkan angka Stunting, menurunkan angka kematian Ibu saat melahirkan dan kurang gizi.

"Karena Pemda Kubu Raya berusaha mengupayakan dan memperjuangkan tanpa lelah. Di sinilah nilai-nilai yang harus kita tanamkan kepada generasi, semua pihak, baik itu di Birokrasi bahkan sampai ke tingkat Desa, RT dan semua elemen masyarakat yang di daerah ini," katanya.

Muda juga mengajak masyarakar untuk melihat, 74 tahun Republik ini dengan mensyukurinya, tidak usah terlalu banyak membahas hal yang tidak penting di masyarakat, namun berfikir secara produktif semuanya agar anak-anak kita jauh lebih antusias dan diberikan peluang yang akhirnya Indonesia akan maju dan kokoh.

Bupati Muda berpesan dan meminta, khususnya untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Kubu Raya, untuk memberikan pelayanan terbaik, sesuai komitmen mereka sebagai abdi negara dan memaksimalkan kinerjanya untuk membangun kualitas dan kuantitas pelayanan publik.

"Ayo semua masyarakat Kubu Raya mari bersama-sama dengan Pemerintah Daerah kkita bangun Daerah ini dengan lebih baik lagi, sehingga cita-cita para pejuang bangsa dalam mempertaruhkan nyawa mereka dalam mempertahankan Negara ini bisa terwujud dengan terciptanya masyarakat yang Bahagia, Bermartabat, Terdepan, Berkualitas dan Relegius, sesuai dang Visi dan Misi Kubu Raya," kata Muda.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019