Sebanyak empat partai politik yang ada di Kota Singkawang sepakat untuk membentuk koalisi fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat.

"Meski belum dilakukan pelantikan terhadap 30 Anggota DPRD Singkawang terpilih tahun 2019-2024, namun kami dari beberapa partai politik seperti Golkar, PAN, PSI, dan PPP sudah membentuk koalisi fraksi gabungan untuk diusulkan ke DPRD Kota Singkawang," kata Wakil Ketua 1 DPD Partai Golkar Singkawang, M Abdurrahman, di Singkawang, Senin.

Dia menjelaskan, pada Minggu siang kemarin, keempat parpol ini sepakat bergabung membentuk fraksi Karya Solidaritas Amanat Pembangunan (KSAP) DPRD Kota Singkawang.

Abdurahman mengatakan, salah satu kesepakatan yang tertuang dalam MoU yang ditandatangani bahwa Ketua Fraksi berasal dari Partai Golkar, Sekretaris Fraksi dari PSI, dan komisi-komisi berasal dari partai politik lainnya.

Di poin lainnya, keempat partai politik ini mempunyai kesamaan dalam visi misi, sehingga dalam menentukan sesuatu akan sangat mudah di putuskan khususnya secara kelembagaan di DPRD.

Menurutnya, fraksi KSAP ini juga tetap bersikap obyektif sesuai dengan visi misi partai politik.

"Yang artinya, sepanjang ada hal-hal yang baik dan akan dilakukan pemerintah kota demi kemajuan Kota Singkawang, maka fraksi ini akan selalu siap mendukung. Dan jika tindakan yang dilakukan pemerintah kota dianggap merugikan masyarakat, maka fraksi ini juga siap memberikan koreksi sebagai penyeimbang," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris DPD PAN Singkawang, Radjianto mengatakan, jika keempat partai politik ini sudah bersepakat dan melakukan musyawarah untuk membentuk fraksi koalisi untuk di usulkan ke DPRD Singkawang.

"Fraksi KSAP ini berjumlah lima orang, dari Golkar dua anggota, PSI, PAN, dan PPP satu anggota, sehingga totalnya ada lima kursi yang ada di DPRD Singkawang," katanya.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019