Delegasi dari Kabupaten Mempawah, Arif Fadilah dan delegasi Kabupaten Kapuas Hulu , Irma Deva Oktavianti masing - masing terpilih sebagai juara kategori putra dan putri dalam ajang pemilihan Duta Pertanian Kalbar 2019.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Kalbar, Heronimus Hero menyebutkan para duta pertanian yang terpilih akan menjadi juru kampanye tentang pertanian di Kalbar.

"Mereka bertanggung jawab menyebar luaskan semua informasi baik program pemerintah maupun prospek - prospek pertanian yang ada dalam kehidupan mereka sehari - hari. Untuk penyaluran informasi dan lainnya terserah mereka baik pemanfaatan teknologi informasi seperti media sosial," ujarnya di Pontianak, Minggu.

Ia menambahkan terpenting lagi para duta diharapkan bisa mengajak kalangan generasi muda atau milenial lainnya untuk berkontribusi di sektor pertanian.

"Kita tahu sektor pertanian andalan perekonomian di Indonesia. Kita punya potensi dan jangan salah menggerakkan potensi. SDM harus unggul untuk menggerakkan itu. Jika tidak unggul dan gerakkannya salah maka potensi yang ada tidak ada apa - apanya. Sehingga duta pertanian yang ada ini sangat strategis," kata dia.
Finalis Duta Pertanian Kalbar 2019 (Dedi)

Ajang pemilihan duta pertanian yang merupakan pertama di Indonesia tersebut diikuti 14 putra dan 13 putri dari beberapa delegasi dari kabupaten atau kota yang ada di Kalbar. Malam grand final dilakukan Sabtu (31/1) malam.

"Pemilihan pemenang duta pertanian berdasarkan pengamatan selama proses karantina, wawancara dan lainnya. Masa karantina hingga grand final sejak 24 - 31 Agustus 2019," ujar Kabid Hortikultura Distan TPH Kalbar yang juga juri pemilihan duta pertanian, Endang Kusumayanti.

Sementara itu, Duta Pertanian Kalbar 2019 terpilih kategori putri, Irma Deva Oktavianti mengaku tidak menyangka ia bisa terpilih.

"Saya tidak menyangka terpilih. Saya sangat senang. Saya bertekad untuk ikut memajukan pertanian Kalbar sebagaimana kapasitas saya, " ujar Irma yang juga merupakan mahasiswi Fakultas MIPA Untan Pontianak.

Senada juga disampaikan Arif Fadilah. Ia yang juga merupakan mahasiswa Fakultas Teknik Untan Pontianak tersebut sejak kecil mencintai dunia pertanian dari neneknya.

"Bersyukur dan bangga bisa terpilih menjadi duta pertanian. Ini menjadi amanah. Kalbar memiliki potensi yang besar untuk pertanian dan bisa menjadi lumbung pangan," kata dia.

Pemilihan Duta Pertanian Kalbar 2019 merupakan satu di antara dari rangkaian dari kegiatan Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019. Kegiatan tersebut akan menjadi ajak tahunan dalam memajukan sektor pertanian di Kalbar.


Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019