Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-106, di Desa Mekar Jaya dan Jirak Kecamatan Sajad, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat adalah untuk membuka transportasi masyarakat setempat.

“Kegiatan TMMD di Sambas yang utama berkaitan akses jalan, meliputi pembukaan dan pengerasan jalan serta pembangunan beberapa jembatan. Kemudian kita juga ada memperbaiki masjid dan pagar,” ujarnya Komandan Kodim (Dandim) 1202/Singkawang Letkol Arm Victor J.L Lopulalan di Sambas, Kamis.

Victor menyebutkan bahwa selama ini masyarakat dari dua desa yang menjadi sasaran TMMD sangat kesulitan dalam masalah transportasi karena masih mengandalkan sungai untuk membawa barang atau hasil pertanian.



"Ya, pembangunan yang kita laksanakan ini semoga bermanfaat bagi masyarakat. Terutama untuk akses jalan karena selama ini masyarakat mengandalkan sungai untuk transportasi. Pembangunan jalan dan jembatan, akan memudahkan masyarakat untuk menempuh perjalanan menggunakan jalur darat," kata dia.

Menurutnya jalan yang akan bangun dalam program TMMD selain bisa dilalui kendaraan roda dua juga untuk kendaraan roda empat.

"Semoga apa yang kami lakukan bermanfaat untuk masyarakat, baik untuk akses transportasi, membawa hasil pertanian, dan memperlancar anak-anak yang akan bersekolah. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Sambas karena telah mempercayai TNI untuk membantu desa di Kabupaten Sambas,” ucap dia.



Sementara itu, Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili menyambut baik sekaligus mengapresiasi kegiatan yang menyasar di dua di daerah tersebut.

"Dengan TMMD yang pada Oktober ini di Desa Mekar Jaya dan Desa Jirak membuktikan negara hadir di tengah-tengah kita.TMMD ini harus kita syukuri, negara, pemerintah, TNI AD hadir mempercepat pembangunan di daerah,” kata dia.

Atbah menyakini dengan TMMD tersebut bisa bisa memberi manfaat baik bagi masyarakat setempat terutama akses transportasi yang menjadi sasaran program tersebut. Masyarakat diharapkannya mendukung penuh kegiatan TMMD yang akan digelar nanti.

"Tujuan penting dari hasil kegiatan TMMD adalah manfaat pembangunan benar-benar dirasakan oleh masyarakat," pesan dia.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019