PLN UP3 Singkawang melakukan pemangkasan pohon yang dapat mengganggu kabel jaringan listrik sebagai upaya mengantisipasi cuaca ekstrim  yang terjadi dalam beberapa hari ini.

"Saat ini kita sudah melakukan pemangkasan pohon yang dinilai sudah mengganggu jaringan listrik," kata Manager Unit Layanan Pelanggan PLN Singkawang Kota, Arief Dwi, di Singkawang, Senin.

Bahkan, pihaknya juga sudah menyurati Pemkot Singkawang guna melakukan koordinasi titik-titik pohon mana saja yang kiranya sudah boleh dipangkas.

Baca juga: PLN : Cuaca Buruk Ganggu Jaringan Listrik Pontianak

"Harapannya, antara Pemkot Singkawang dengan PLN sama-sama menjaga jaringan listrik dengan memangkas potensi-potensi pohon yang kiranya dapat mengganggu jaringan listrik khususnya di seputaran kota," ujarnya.

Tak hanya didalam kota, pihaknya juga telah melakukan pemangkasan pohon di titik-titik tertentu khususnya di luar Kota Singkawang. "Terutama kepada pohon-pohon yang jaraknya sangat dekat dengan jaringan listrik," ungkapnya.

Tujuannya apabila terjadi hujan yang disertai dengan angin kencang, pohon-pohon tersebut tidak lagi menganggu atau menyentuh jaringan yang dapat mengakibatkan listrik padam.

Baca juga: Jaringan listrik di Bengkayang terputus akibat cuaca buruk

"Baik itu padam sebagian maupun secara menyeluruh sampai dengan ujung pasokan," ungkapnya.

Mengingat iklim cuaca sekarang ini memasuki musim penghujan yang disertai dengan angin yang cukup kencang, dia mengimbau kepada warga untuk memperhatikan pohon-pohon yang ada di sekitar lingkungannya.

"Jika ada pohon atau ranting-ranting yang kiranya sudah tua dan cukup mengkhawatirkan, sebaiknya segera dipangkas agar tidak mengganggu jaringan listrik," kataya.

Baca juga: PLN: Tali Layang-layang Padamkan Aliran Listrik Kalbar
Baca juga: Area PLN Pontianaak Perluas Jaringan
Baca juga: PLN : Cuaca Buruk Ganggu Jaringan Listrik Pontianak

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019