Ratusan pelajar SMA Kemala Bhayangkari Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalbar memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 dengan menggelar upacara menggunakan pakaian adat Nusantara.

Kepala Sekolah SMA Kemala Bhayangkari, Kabupaten Kubu Raya, Gandung Widianto di Sungai Raya, Senin  mengatakan pihaknya memang menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan menggunakan pakaian adat nusantara.

Dengan mengangkat tema "Bersatu kita maju" pakaian yang digunakan para pelajar ini pun unik dan menarik, mulai menggunakan pakaian adat Budaya Melayu, Dayak, dan berbagai pakaian adat nusantara lainnya.
Ratusan pelajar SMA Kemala Bhayangkari Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Senin, memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 dengan menggelar upacara menggunakan pakaian adat nusantara. ANTARA/dokumen
"Selain menggelar upacara, kami juga menggelar serangkaian acara dalam memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda, seperti lomba fashion show berpasangan dengan pakaian adat nusantara, lomba pembuatan video dengan tema Sumpah Pemuda," katanya.

Intinya, menurut dia, dengan diwajibkannya para pelajar menggunakan pakaian adat nusantara itu, dengan tujuan untuk memupuk rasa cinta kepada bangsa dan mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk bangsa dan negara.

Laila salah seorang pelajar SMA Kemala Bhayangkari Kabupaten Kubu Raya mengatakan, para pemuda saat ini harus siap dalam menghadapi era globalisasi.

"Pemuda harus bijak dalam menggunakan teknologi, seperti bijak dalam menggunakan media sosial, dan tidak ikut-ikutan dalam menyebarkan hoaks atau berita bohong," ujarnya.

Sementara itu, di momentum Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengajak para pemuda untuk tetap bersatu, peduli lingkungan dan peduli terhadap sesama.

Ia berharap para pemuda untuk terus berkreativitas serta berkontribusi dalam pembangunan dengan meningkatkan sumber daya manusia dan keterampilan yang dimiliki.

"Kita yakin di era tinggal landas ini pemuda-pemuda Kota Pontianak mampu untuk menjadi pemuda pelopor di segala bidang yang bisa meningkatkan peradaban dan kemajuan kota yang kita cintai ini," ujarnya.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019