Sebanyak 92 desa di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat akan melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang akan diselenggarakan pada Maret 2020.
 
" Pelaksanaan pilkades serentak di Kapuas Hulu direncanakan pada Maret 2020 mendatang," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas Hulu, Alfiansyah, ditemui, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Minggu.
 
Dikatakan Alfiansyah, saat ini sudah dilaksanakan berbagai persiapan terutama sosialisasi tentang pembentukan panitia pilkades.

Menurut dia, panitia pilkades akan di bentuk di desa dan di bantu juga oleh pihak kecamatan.
 
" Untuk di kabupaten ada juga panitia pilkades yaitu di Dinas pemberdayaan masyarakat dan desa yang nantinya dapat menyelesaikan apabila ada sengketa pada pilkades," jelas Alfiansyah.
 
Dirinya mengimbau dalam pembentukan panitia pilkades agar lebih selektif dalam panitia pilkades yang berintegritas dan bertanggungjawab serta tidak berpihak kepada salah satu calon kades.
 
Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa dalam Pilkades Kapuas Hulu masih menggunakan sistem manual.
 
" Pilkades Kapuas Hulu masih menggunakan perhitungan manual, harapan kita muncul para kades yang berkualitas karena ini menyangkut kemajuan desa ke depannya," harapan Alfiansyah.

 
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019