Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan pihaknya telah mengusulkan sejumlah ruas jalan yang ada di Kecamatan Sungai Kakap untuk berubah status dari jalan kabupaten menjadi jalan nasional.

"Karena tidak lama lagi akan dibangun jembatan Kapuas 3 yang menghubungkan antara Desa Sungai Rengas dengan Kecamatan Jungkat di Kabupaten Mempawah, otomatis harus ada peningkatan status jalan. Makanya ini akan kita usulkan, dimana beberapa ruas jalan di Kecamatan Sungai Kakap, termasuk Desa Sungai Rengas, untuk ditingkatkan statusnya menjadi jalan nasional," kata Muda di Sungai Raya, Rabu.

Dia mengatakan, untuk rencana pengajuan perubahan status jalan ini juga sudah disampaikannya kepada Komisi V DPR RI saat melakukan kunjungan kerja di Kubu Raya beberapa waktu lalu.

"Dalam kunjungan itu, saya meminta kepada Komisi V DPR RI untuk bisa mengawal berbagai program pembangunan di Kubu Raya. Termasuk pembangunan jembatan Kapuas 3 dan usulan perubahan status jalan tersebut," tuturnya.

Muda bersyukur, karena Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Sutarmidji dan Ria Norsan memberikan tanggapan positif dan skala prioritas untuk pembangunan infrastruktur di Kubu Raya.

"Dengan adanya sinergi antara pemerintah daerah dan pusat ini tentu bisa mempercepat capaian pembangunan yang telah diprogramkan. Untuk itu, kita harap agar masyarakat Kubu Raya bisa bersama-sama menggiring hal ini agar semuanya bisa berjalan dengan baik seperti apa yang diharapkan bersama," katanya.

Bupati pertama Kubu Raya ini menambahkan, pembangunan jembatan Kapuas 3 menjadi kebutuhan yang mendesak bagi Kalbar. Karena jika tidak segera dibangun, maka jembatan Kapuas I yang ada saat ini akan terjadi kemacetan yang parah.

"Kondisi jalan yang ada sekarang tidak cukup kuat dan lebar untuk dilewati kendaraan berat. Makanya, ini harus menjadi jalan nasional karena jembatan Kapuas 3 juga menjadi tanggung jawab dari pemerintah pusat untuk pembangunan dan pemeliharaannya," kata Muda.

Muda menambahkan, Kecamatan Sungai Kakap merupakan salah satu daerah yang perkembangannya sangat pesat karena. Karenanya, kecamatan ini menjadi pengembangan daerah yang sangat diandalkan oleh Pemprovi Kalbar.

"Gubernur Kalbar juga sering menyampaikan bahwa kecamatan Sungai Kakap menjadi kecamatan andalan bagi Kalbar, karena selain sumber pangan yang melimpah, banyak juga potensi lainnya yang bisa dikembangkan," tuturnya.

Baca juga: Ini jembatan-jembatan yang bakal dibangun di Pontianak dan sekitarnya
Baca juga: Pemkot anggarkan Rp40 miliar untuk bebaskan lahan Jembatan Paralel Kapuas I

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019