Majelis Pembimbingan dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana Cabang Sambas dilantik, oleh Pimpinan Saka Kencana Provinsi Kalbar, Aulia Arief.

"Dengan dilantik nya Majelis Pembimbingan dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka KB Cabang Sambas ini, kami berharap gerakan Pramuka Saka Kencana di Sambas dapat semakin bersinar dengan lima krida yang ada," kata Aulia Arief di Sambas, Senin.

Dia berharap dengan pelantikan ini pula maka Saka Kencana Sambas dapat mengibarkan kembali program KKBPK melalui lima Krida, yaitu Krida kependudukan, Ketahanan dan kesejahteraan keluarga, Kespro, GenRe dan KIE.

"Karena kegiatan Pramuka itu di setiap sekolahan ada, maka Pramuka Saka Kencana ini harus terus di kibarkan," ujarnya.

Dia menambahkan, dengan masuknya program GenRe kepada para anggota Saka Kencana maka diharapkan anggota Pramuka ini paham bagaimana mengatasi masalah yang ada pada remaja dan GenRe, dimana Krida GenRe mengandung misi yaitu zero toleran terhadap seks pranikah, zero terhadap nikah dini dan zero terhadap Napza, katanya.

Aulia kembali menekankan, bahwa Krida GenRe ini harus menjadi yang utama dalam setiap kegiatan Saka Kencana dalam usaha untuk menyebarkan virus-virus kebaikan kepada anak-anak sekolah dan para remaja lainya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Kwatir Cabang Gerakan Pramuka Sambas Sudarto mengatakan terbentuknya Saka Kencana sangat baik khususnya bagi generasi muda di Kabupaten Sambas, dalam menuju masa depan yang cerah.

"Sejak dibentuk tahun 2001 Saka Kencana ini memang memiliki niat yang suci, karena supaya ibu-ibu dan keluarganya hidup bahagia dan sejahtera. Saya berharap dengan pelantikan ini merupakan langkah awal untuk membangkitkan kembali Saka Kencana di Sambas," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala B3AP2KB Sambas, Hendy Wijaya yang juga menjabat sebagai Majelis Pembimbingan dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka KB Cabang Sambas mengatakan, terbentuknya Saka Kencana ini merupakan bagian dari gerakan Pramuka, yang merupakan wadah kegiatan dan pendidikan dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan praktis serta bakti masyarakat dalam bidang KB, keluarga sejahtera dan pengembangan kependudukan yang bekerjasama dengan BKKBN Kalbar.

"Kami berharap dengan pengukuhan ini, dapat dijadikan momentum pengabdian kader untuk terus mendukung terwujudnya Kabupaten Sambas, yang terkemuka dalam sektor Keluarga Berencana, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak," katanya.

                                   

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019