Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Kota Singkawang, Kalimantan Barat melakukan pemeriksaan kendaraan umum di beberapa Terminal yang ada di Singkawang, untuk memastikan keselamatan di jalan raya, jelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Forum LLAJ ini terdiri dari Satlantas, Dishub, BNN dan Jasa Raharja Singkawang," kata Kasat Lantas Polres Singkawang, AKP Syaiful Bahri di Singkawang, Rabu.

Dari kepolisian, katanya, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan penertiban dan penindakan terhadap pengemudi yang melanggar aturan dalam hal uji kompetensinya.

Baca juga: Tjhai Chui Mie minta pedagang tidak naikkan harga jelang Natal

"Sedangkan dari sisi Dinas Perhubungan, kegiatan ini bertujuan untuk mengecek kelaikan jalan daripada kendaraan. Sementara dari segi BNN, untuk mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan narkotika," ujarnya.

Jika secara umum, tambahnya, tujuan dari kegiatan ini agar pelaksanaan hari raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dapat menciptakan keamanan, keselamatan penertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Kepala Bidang Darat Dinas Perhubungan Singkawang, Mokhlis mengatakan, melalui kegiatan ini semua kendaraan angkutan umum laik jalan begitu pula dengan sopirnya tidak mengkonsumsi narkoba.

"Kita berharap pada perayaan Natal dan Tahun Baru nanti dapat berjalan dengan baik," katanya.

Baca juga: Pertamina tambah pasokan BBM jalur mudik Natal dan Tahun Baru di Kalbar

Dari hasil ramcek yang dilakukan dalam dua hari kemarin, memang sebagian besar bis-bis angkutan umum dianggap sudah laik jalan.

"Yang kita ramcek meliputi bis, angkot atau oplet dan taxi. Mengingat taxi di Singkawang jumlahnya cukup banyak," ujarnya.

Sementara Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi menyatakan, siap untuk mengamankan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Kita juga akan menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka pengamanan hari raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020," katanya.

Sehingga, visi dan misi yang bertugas dalam pengamanan dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: Harga telur ayam naik jelang Natal

Dalam pengamanannya, Polres Singkawang akan mengerahkan 2/3 kekuatan dibantu stakeholder yang lain.

"Beberapa tempat yang menjadi sasaran pengamanan, antaralain tempat ibadah seperti Gereja, obyek wisata dan beberapa kegiatan lainnya," ujarnya.

Pada initinya, tegas Raymond, Polres Singkawang akan bertindak tegas untuk memastikan keamanan dan ketertiban Singkawang agar selalu aman dan kondusif.

Baca juga: Sambut Natal, Kepolisian di Bengkayang laksanakan Baksos di gereja
Baca juga: Petugas temukan ini, Kalapas razia blok tahanan warga binaan
Baca juga: Pemkab Landak pantau pasar jelang Natal

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019