Plt. Bupati Bengkayang, Kalimantan Barat, Agustinus Naon minta pejabat yang baru dilantik untuk membuat atau melakukan terobosan dalam menjalankan roda pemerintahan sehingga membuat daerahnya lebih maju.

"Semua pejabat yang dilantik harus mampu membuat terobosan yang selaras dengan kemajuan teknologi dalam melakukan pelayanan publik. Semua harus lebih meningkatkan gairah dan motivasi kerja dalam melaksanakan tugas pokok dan hubungan yang baik untuk kemajuan Kabupaten Bengkayang," ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Selasa.

Pelantikan besar-besaran di awal tahun ini di antaranya enam pejabat tinggi pratama , 27 pejabat administrator dan 46 pejabat pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkayang.

Proses seleksi pejabat tersebut mulai dari tanggal 6 September - 16 Desember 2019. Dari hasil keputusan tim panitia seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama telah direkomendasikan tiga nama kandidat terbaik dari masing-masing jabatan. Kemudian Plt. Bupati Bengkayang yang sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mendapatkan persetujuan yang selanjutnya menetapkan satu nama dari masing-masing jabatan untuk diberikan amanah oleh PPK untuk ditetapkan dan dilantik.

"Untuk proses tahapan seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama telah dilakukan melalui aplikasi sijapti secara terbuka, objektif dan transparan. Kegiatan tersebut juga dipantau secara berkelanjutan oleh KASN yang hasil akhir di input secara otomatis," kata dia.

Sementara itu, Kepala BKDPSDM Kabupaten Bengkayang, Geraldus menyatakan pelantikan terhadap pejabat tersebut atas adanya kepentingan organisasi dan menjelang proses Pilkada.

Ia berharap dengan adanya mutasi semakin meningkatkan gairah kerja, prestasi dan keluaran kinerja Pemerintah Daerah Bengkayang di segala bidang semakin baik.

"Terkait dengan pejabat yang dilantik berdasarkan hasil seleksi jabatan tersebut, proses seleksi sudah dilakukan secara terbuka. Dari setiap tahapan seleksi dan akhirnya menentukan tiga nama dan kemudian dipilih satu nama untuk ditetapkan oleh bupati dan itu merupakan hak prerogatif bupati untuk menentukan satu nama yang kemudian diberikan amanah," kata dia.

Sementara itu juga, Anggota DPRD Kabupaten Bengkayang, Martinus Khiu meminta dan berharap kepada pejabat yang baru saja dilantik untuk dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan benar-benar terutama dalam memberikan pelayanan kepada publik.

"Selamat kepada para pejabat yang sudah dilantik. Harapan masyarakat melalui lembaga DPRD Bengkayang agar mereka yang sudah diamanahkan dapat benar-benar menjalankan tugas dan tanggung jawabnya terutama dalam menjalankan fungsi-fungsi pelayanan publik maupun kemasyarakatan," ujar Ketua Fraksi Partai Demokrat tersebut.*

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020