Seleksi nasional beasiswa Smart Ekselensia Indonesia Islamic Leadership Boarding School yang merupakan sekolah menengah berasrama, bebas biaya, dan akselerasi kembali dibuka.

Panitia Daerah Seleksi Beasiswa Zona Kalimantan Barat, Nurhayati mengatakan program bantuan biaya pendidikan ini yang berdiri sejak 2004 tersebut Dompet Ummat sebagai panitia daerah yang bekerjasama dengan Dompet Dhuafa Pendidikan.

"Program ini didedikasikan untuk anak-anak yang memiliki keterbatasan ekonomi namun berprestasi dari seluruh Indonesia," kata Nurhayati di Pontianak, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa Smart Ekselensia Indonesia, memiliki visi menjadi sekolah model yang melahirkan generasi berkepribadian Islami dan berjiwa pemimpin.

Untuk itu Smart Ekselensia Indonesia memadukan kurikulum nasional dan kurikulum khas yaitu keislaman dan kepemimpinan.

"Mari sebarluaskan informasi ini, jika ada anak lulusan SD atau SMP yang ingin bersekolah di sekolah berkualitas, dengan kurikulum kepemimpinan dan gratis maka inilah kesempatannya," jelas wanita yang menjabat GM Program Dompet Ummat Kalimantan Barat.

Ia melanjutkan info persyaratan dan download formulir pendaftaran bisa langsung mengakses laman web di www.smartekselensia.net, atau narahubung Kalbar, Call Center Dompet Ummat Kalbar, 0851 0091 8676.

"Untuk informasi lebih detail bisa datang langsung ke Kantor Dompet Ummat, Jalan Karimata Nomor 2A," pesan Nurhayati.

Adapun sejumlah syarat yang mesti dipenuhi di antaranya beragama Islam, berasal dari keluarga dhuafa,  berjenis kelamin laki-laki, berbadan sehat dan tidak memiliki penyakit menular, bersedia mengikuti seluruh tahapan seleksi sesuai dengan ketentuan berlaku

Tidak memiliki anggota keluarga (saudara kandung) yang sedang atau pernah mendapatkan beasiswa Dompet Dhuafa dan memperoleh izin orang tua/ wali untuk tinggal di asrama

Kemudian pendaftar mengisi formulir pendaftaran calon peserta seleksi nasional beasiswa SMART tahun 2020/ 2021 yang disediakan panitia (Unduh Formulir SNB SMART).

Sedangkan persyaratan khusus diantaranya menempelkan pas foto calon peserta ukuran 4×6 di formulir pendaftaran, melampirkan fotokopi rapor kelas IV hingga V yang telah dilegalisasi oleh pihak sekolah asal (Seleksi SMP), melampirkan fotokopi rapor kelas VII dan VIII yang telah dilegalisasi oleh pihak sekolah asal (Seleksi SMA), melampirkan fotokopi piagam penghargaan/ sertifikat (bila ada), melampirkan fotokopi akte kelahiran/ surat kenal lahir, melampirkan fotokopi kartu keluarga dan KTP Orang Tua/ Wali yang berlaku, dan surat pernyataan tidak merokok.

Untuk alur dan tahapan seleksi, pendaftaran dari Oktober 2019 – 25 Januari 2020. Lalu seleksi administrasi Januari 2020. Tes kompetensi mata pelajaran Februari 2020.

Psikotes dan wawancara Maret 2020. Home visit April 2020. Pantuhir April 2020 dan pengumuman Mei 2020.

Untuk beasiswa jenjang pendidikan SMP, pendaftar adalah lulusan SD atau sederajat, usia maksimal 14 tahun pada 13 Juli 2020 dan rata-rata nilai rapor pada kelas IV-V 7,0.

Untuk jenjang pendidikan SMA, pendaftar lulusan SMP atau sederajat, usia maksimal 17 tahun pada 31 Juli 2020 dan rata-rata nilai rapor kelas VII-VIII minimal 7,5.

"Jadi ini memang untuk lulusan SD dan SMP yang ini melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya," jelas Nurhayati.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020