Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo dijadwalkan akan melakukan peninjauan bhakti sosial pelayanan KB perbatasan Indonesia - Malaysia, kerja sama perwakilan BKKBN Provinsi Kalbar, KJRI di Kuching dan Ikatan Penulis Keluarga Berencana (IPKB) Provinsi Kalbar, mulai 15 - 17 Februari 2020.

"Di Pontianak, Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo akan melakukan pertemuan dengan Gubernur Kalbar, Sutarmidji sebelum berangkat ke Entikong daerah perbatasan RI-Malaysia," kata Ketua Ikatan Penulis Keluarga Berencana (IPKB) Provinsi Kalbar, Teguh Imam Wibowo di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan, kunjungan kerja Kepala BKKBN RI itu dalam rangka tindak lanjut kegiatan pelayanan alat kontrasepsi Keluarga Berencana (KB) dengan menggunakan Metode KB Jangka Panjang (MKJP) bagi masyarakat perbatasan dan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) khususnya yang berada di perusahaan-perusahaan perkebunan kelapa sawit di wilayah Sarawak Malaysia.

"Tidak hanya pelayanan KB MKJP, kegiatan ini yang dimulai di Entikong juga akan dilakukan dialoq bersama komunitas sepeda motor Entikong tentang kepedulian Kesehatan Reproduksi (Kespro) dan kegiatan Kepala BKKBN RI menyapa masyarakat perbatasan melalui RRI di Entikong," katanya.

Usai kegiatan di Entikong, kata Teguh, rombongan Kepala BKKBN RI hari itu juga Sabtu (15/2) sorenya langsung memasuki wilayah Sarawak Malaysia menuju ke RTM Malaysia.

Dimana di radio ini, Kepala BKKBN RI akan melakukan siaran. Usai kegiatan itu, rombongan ini akan langsung menuju ke KJRI Kuching. Disana, rombongan akan disambut langsung oleh Kepala Perwakilan KJRI Kuching.

Setelah melakukan serangkaian kegiatan bersama Kepala KJRI, rombongan kemudian bermalam di wisma KJRI Kuching.

"Besoknya, akan dilakukan pelayanan KB MKJP di Ladang Ladong (Tradewinds Plantation Berhard, Kuching, Malaysia) dan “Silaturahim Bangga Kencana” Kepala BKKBN dengan para PMI. Selain itu ada juga pertemuan dan dialog bersama anak-anak CLC yang merupakan anak-anak para PMI," katanya.

Di hari itu juga, Minggu (16/2) menjelang sore, rombongan langsung menuju ke PLBN Aruk dan masuk ke Indonesia melalui Aruk Kabupaten Sambas.

Di Sambas juga dilakukan berbagai kegiatan terkait pelayanan KB dan lainnya serta juga pertemuan bersama Bupati Sambas.

Usai jamuan malam malam bersama Bupati  Sambas, rombongan Kepala BKKBN RI malam itu juga langsung menuju ke Kota Singkawang untuk bermalam.

Besoknya, Senin (17/2) di Singkawang juga dilakukan berbagai kegiatan terkait, pelayanan KB MKJP, sosialisasi dan sebagainya hingga pukul 10.30 WIB dan kembali ke Kota Pontianak.

Sementara Kepala BKKBN RI setibanya di Pontianak akan langsung kembali ke Jakarta. "Kami berharap kegiatan yang diusulkan IPKB Kalbar ini dapat berjalan lancar," pungkasnya.

Pewarta: Slamet A

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020