Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB bidang Pengendalian Penduduk dan Bidang KB dan TP PKK mempersiapkan Kampung KB Enteras Desa Sei Ayak 2, Kecamatan Belitang Hilir untuk mengikuti lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat Provinsi Kalbar.

"Kunjungan ini bertujuan untuk melaksanakan pembinaan akhir dalam persiapan mengikuti lomba Kesatuan Gerak PKK KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) Kesehatan dan Posyandu Terbaik tingkat provinsi Kalbar," kata Kabid Pengendalian Penduduk. Penyuluhan dan Penggerakan Kabupaten Sekadau, Budi Mustika di Sekadau, Selasa.

Ia mengatakan, terpilihnya Kampung KB Enteras dalam mengikuti lomba tingkat provinsi, karena dinilai terjadi percepatan pembangunan lintas sektor, dalam mendukung percepatan Desa Sungai Ayak 2 sebagai Desa Mandiri sejak dicanangkan sebagai Kampung Keluarga Berencana tahun 2018 oleh Bupati Sekadau Rupinus.



"Ini dapat dilihat dari meningkatnya kepesertaan MKJP, dibangunnya Poskesdes, dibangunnya SD, rehab dan peningkatan rumah ibadah, terbentuknya Tribina, dasa wisma, serta perubahan perilaku masyarakat terutama dalam memanfaatkan halaman rumah untuk warung hidup, apotek hidup, ternak yang semua dapat dimanfaatkan mendorong agar tingkat ekonomi warga masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, dengan kondisi yang ada saat ini Kampung KB Enteras Desa Sungai Ayak 2 berhak untuk mewakili Kabupaten Sekadau dalam perlombaan tersebut.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Kristina Rupinus, terkait hal ini juga menjelaskan selain tugas Pokja 4 bidang kesehatan, program perencanaan sehat, yang berkenaan juga Pokja 3 lebih mengajak pada pemanfaatan lahan perkarangan.

"Gerakan hatinya PKK adalah kuncinya. Dimana diharapkan dapat mendukung pemenuhan kebutuhan gizi keluarga, secara sederhana untuk menambah pendapatan keluarga," katanya.

Lebih jauh dijelaskan, "Harinya PKK", merupakan singkatan dari Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman bersama PKK. Jadi melalui program Harinya PKK diharapkan masyarakat dapat secara sadar mengelola perkarangan atau halaman rumahnya agar asri dan teratur.



"Dan hasilnya akan terlihat indah sehingga dapat menciptakan kenyamanan bagi penghuninya," katanya.

Kristina menambahkan, peran pengurus PKK terutama kelompok dasa wisma sangatlah penting dalam mewujudkan hatinya PKK. Hal itu seperti mengadakan penyuluhan dalam kegiatan dan pertemuan PKK baik ditingkat kecamatan dan desa maupun kelompok.

"Ini upaya kami dalam meningkatkan rumah kurang sehat menjadi sehat. Kemudian mengadakan pendataan rumah sehat serta bagi masyarakat kami untuk meningkatkan pemanfaatan lahan perkarangan rumah dengan program hatinya PKK," katanya.


 

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020