Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyatakan, pihaknya terus fokus dalam meningkatkan sektor pendidikan guna menciptakan sumber daya manusia yang cerdas dan unggul.

"Demi meningkatkan sektor pendidikan itu, kami terus menunjangnya, salah satunya dengan terus meningkatkan sektor infrastruktur pendidikan, seperti gedung dan fasilitas lainnya," kata Edi Rusdi Kamtono saat membuka Musrenbang bidang Pendidikan dan Kebudayaan di Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Kamis.

Ia menjelaskan, saat ini Pemkot Pontianak menjadikan sektor pendidikan menjadi unggulan dibanding sektor lainnya.

Dalam kesempatan itu, Edy berharap dengan kegiatan Musrenbang bidang pendidikan dan kebudayaan itu, maka semuanya dapat merumuskan apapun yang berkaitan dengan sektor tersebut.

"Musrenbang bidang pendidikan dan kebudayaan menjadi sangat penting seiring dengan visi misi Presiden RI untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM), baik di Kota Pontianak dan Indonesia umumnya," ujarnya.

Menurutnya, visi dan misi dari Presiden RI dalam peningkatan mutu pendidikan yang ada di Pontianak dan Indonesia umum guna mengantarkan negara Indonesia agar lebih maju lagi.

Ia mengatakan, dengan meningkatnya mutu pendidikan dan SDM, maka akan tercipta generasi yang cerdas dan berkualitas yang bisa menghadapi segala tantangan ke depannya.

"Warga pontianak ternyata banyak impian dan harapan untuk menciptakan generasi yang berkualitas sehingga mampu menghadapi tantangan akan datang dari kemajuan informasi, komunikasi dan pesatnya persaingan," katanya.

Ia juga menekankan kepada semua pihak agar terus belajar, mengembangkan kemampuan, baik itu dalam pendidikan formal maupun non formal.

"Kita tidak akan merasakan di sini kalau tidak dengan belajar, sehingga semua pihak harus terus mengembangkan kemampuan, baik itu dalam pendidikan formal maupun non formal," katanya.

Ia menambahkan bahwa program ke depan harus kolaborasi antara sekolah negeri dan swasta yang selama ini sangat berperan dalam membantu peningkatan SDM di Kota Pontianak.

"Saya melihat untuk program kedepannya itu harus kolaborasi, tidak hanya berfikir ke sekolah negeri saja, tetapi juga ke sekolah swasta yang justru banyak membantu peningkatan SDM yang ada di Pontianak," ujarnya.

Pewarta: Tim magang/Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020