Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1202-02/Sanggau Ledo, Koptu Amran Mulyadi bersama masyarakat Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat melakukan panen bawang merah.

"Panen bawang merah ini, juga salah satu bentuk pendampingan kepada Kelompok Tani (Poktan) Taruna Maju saat panen bawang merah di lahan pertanian di Dusun Kandasan, Desa Bange, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang," kata Amran Mulyadi di Bengkayang, Rabu.

"Melihat dari hasilnya, panen bawang merah kali ini sangat memuaskan bagi para petani. Dan, ini merupakan panen perdana di lahan mereka. Adapun hasilnya yaitu bawang merah ubinan basah sebanyak 11.700 kg/hektare. Hasil ini setelah kering akan berkurang 20 persen maka nanti hasil yang akan didapat sebanyak 9.360 kg/ha," katanya.

Menurutnya, bawang merah merupakan salah satu jenis tanaman yang menjadi salah satu bumbu andalan berbagai masakan di dunia, termasuk di Indonesia, selain untuk bumbu masak, juga dapat digunakan untuk obat tradisional.

"Bawang merah mampu beradaptasi baik jika ditanam di dataran rendah, di lahan irigasi maupun lahan kering dan bisa tumbuh dengan subur, sehingga bawang merah mempunyai prospek untuk dikembangkan di lahan kering walaupun dengan luasan lahan kecil sekalipun," katanya.

Sementara itu, Dandim 1202/Skw, Letkol Arm Victor J L Lopulalan memberi apresiasi yang besar kepada para petani bawang merah di Sanggau Lado. 

Ia berharap, agar para petani lain dapat termotivasi dan terdorong untuk terus meningkatkan hasil produksinya. Dengan itu maka masyarakat khususnya para petani meningkatkan penghasilannya lebih baik lagi.

Dalam hal pendampingan anggotanya, dia mengatakan bahwa hal itu bertujuan untuk membantu petani mulai dari merawat hingga pelaksanaan panen. 

"Oleh karena itu Babinsa harus terus melakukan pemantauan rutin terhadap pertumbuhan tanaman, dengan harapan tanaman tumbuh dengan subur dan meningkat hasil panennya, sehingga kesejahteraan petani juga semakin meningkat," katanya.

Turut hadir pada kegiatan panen tersebut, Kabid Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Bengkayang, Samsul Hadi, staf Holtikultura DP3 Bengkayang, Robianus, Kepala BPP Sanggau Ledo, Nyata beserta staf, PPL Desa Bange, Sigit dan para anggota Poktan Taruna Maju.


 

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020