Sebanyak 80% penerimaan negara berasal dari pajak. "Inilah sumber pembangunan kita, untuk di Kabupaten Sintang, Pendapatan Asli Daerah (PAD) hanya 7% saja, sisa 93% nya berasal dari dana pusat yang disalurkan pada kita untuk membangun Kabupaten Sintang," kata Jarot.

Ia meminta masyarakat untuk sadar membayar pajak. “Seperti contoh beberapa tahun terakhir terasa betul negara hadir di pedalaman-pedalaman Sintang, dengan pembangunan jalan paralel perbatasan, Pos Lintas Batas Negara yang berada di Sungai Kelik, perbaikan rumah tidak layak huni, penguatan tebing sungai, waterfront, pelebaran ruas jalan di Kota Sintang, pembuatan drainase di tengah kota Sintang dan beberapa fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit Pratama dan Puskesmas. Semua itu berasal dari  dana APBN untuk membangun. Karena itu pajak perlu kita bayar,” katanya.

Baca juga: Cara mengisi SPT Pajak online
 
Bupati Sintang Jarot Winarno (IST)


Baca juga: Puluhan ribu Wajib Pajak di wilayah kerja KPP Pratama Pontianak Barat tidak aktif

Jarot mengimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang untuk turut serta dan patuh dalam melaporkan SPT tahunan dan membayar pajak.

“ASN ini menjadi contoh bagi masyarakat, sehingga ASN wajib melapor dan membayar pajaknya, apalagi ditopang dengan pelayanan yang saat ini sudah mudah, di era digital semuanya serba sederhana, gampang, murah, mudah diakses, cepat. Jadi dapat mendorong tingkat penerimaan dan tingkat kepatuhan pajak bisa tercapai," imbaunya.

Kata dia,  kalau sudah menjadi panutan bagi masyarakat, baru ASN bisa mengimbau masyarakat secara luas, baik Orang Pribadi maupun dunia usaha, untuk memberikan contoh yang baik dalam menyampaikan SPT Tahunan.
"Dengan membayar pajak dapat berkontribusi nyata dalam kehidupan bernegara, dan membayar pajak yang patuh dan tepat waktu itu adalah patriot bangsa,” pesan Jarot.
 
Bupati Sintang Jarot Winarno (IST)


Baca juga: Perubahan tugas fungsi KPP Pratama perkuat pengawasan kepatuhan pajak

Jarot berharap agar para wajib pajak di Kabupaten Sintang dapat berpartisipasi lebih aktif dalam membayar  pajak dan patuh menyampaikan SPT Tahunan.

Sementara Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kabupaten Sintang, Dudung Kurniawan mengatakan tujuan daripada kegiatan ini dilaksanakan ini untuk meningkatkan kepatuhan para wajib pajak di Kabupaten Sintang.

“Jadi  kegiatan ini untuk memberikan pesan kepada masyarakat terutama ASN di lingkungan Pemerintah KAbupaten Sintang dan wajib pajak di Sintang bahwa para pimpinan di Sintang telah memberikan contoh yang baik dalam melakukan kepatuhan dalam membayar pajak dan menyampaikan SPT Tahunan,” katanya.

 
Bupati Sintang Jarot Winarno (IST)



Baca juga: Pengusaha tunggak PBB P3 Rp220 miliar, Gubernur minta segera dibayar
Baca juga: Penerimaan pajak di Kalbar sudah Rp5,773 triliun
Baca juga: Kanwil DJP sita aset pengunggak pajak
 

Pewarta: Tantra Nur Andi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020