Warga Sungai Ayak berinisiatif gotong royong melalukan penyemprotan di pasar dan sekitarnya dengan disinfektan seadaanya untuk melakukan pencegahan wabah COVID-19.

"Hal tersebut dilakulan tentu kita tahu bahwa Sungai Ayak ini merupakan jalur perlintasan keluar masuk tiga belitang. Lebih baik mencoba mencegah dengan cara bergotong - royong begini," Ungkap tokoh pemuda Pasar Sungai Ayak, Anton Yang (31/3).

Kegiatan tersebut juga tampak terlibat gugus tugas COVID-19 di kota kecamatan Belitang Hilir. Penyemprotan dilakukan mulai pukul 9 pagi di pasar dan sekitarnya.

"Rute dari sunyat ke pasar, sepantak lalu ke simpi balik kampung baru dan ke pasar belakang, sekarang lanjut lagi ke polsek dan puskesmas. Total 5 tangki air atau 1 tangki 6000 liter, dan satu tangki ada 4 sampai 5 kilogram desinfektannya," tutup bapak tiga anak itu.

Baca juga: Kapuas Hulu lakukan penyemprotan massal cegah sebaran COVID - 19
Baca juga: Sebanyak 1.500 personel lakukan penyemprotan disinfektan di Kota Pontianak

Sementara itu, Wakil Bupati Sekadau, Aloysius mengapresiasi langkah yang dilakukan warganya bergerak secara mandiri. Sembari mengingatkan untuk selalu menjaga kesehatan dan tetap di rumah saja untuk memutuskan rantai penyebaran virus COVID-19. Data dari dinas belum ada yang positif di kabupaten sekadau, namun kita tetap harus selalu waspada dan jangan panik.

"Kita ini ibarat rangkaian kereta, harus saling menjaga jarak satu sama lainnya dan apabila dalam gerbong ada penumpang membandel tidak taat apa yang sudah ditetapkan dan di anjurkan pemerintah, tentu akan membayahkan para penumpang lainnya dalam satu gerbong dan bisa membuat celaka semua, untuk itu tetap waspada dan di rumah saja," paparnya.

Dedengkot partai berlambang moncong putih di kabupaten sekadau itu mengatakan, hadir juga Bupati Sekadau selaku ketua gugus tugas yang di sk kan langsung dari Mendagri, Kapolres dan semua unsur gugus tugas penanggulangan COVID-19 di kabupaten sekadau saat pelaksanaan penyemprotan desinfektan ini.

"Serentak sejak pukul 9 pagi dan kawan-kawan di sungai ayak juga pada jam yang sama. Bersama-sama kita semua elemen masyarakat, mulai dari akar rumput hingga pejabat bersatu padu mendukung seluruh kebijakan pemerintah dalam menangani, dan mencegah penyebaran COVID-19 ini, ada tigak titik kumpul sebelum penyemprotan itu, mulai titik kumpul di BPBD, Yayasan, dan perkantoran pemda," tutupnya.

Baca juga: Pemdes Padang Tikar satu bersama masyarakat lakukan penyemprotan disinfektanan
Baca juga: Pakar tidak anjurkan penyemprotan disinfektan dengan cara "fogging"
Baca juga: Guru besar UGM ingatkan dampak negatif penyemprotan desinfektan

Pewarta: Rilis

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020