Polresta Pontianak akan menerapkan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) atau Tactical Floor Game (TFG) dalam menghadapi kemungkinan terjadinya gangguan Kamtibmas dampak wabah Corona Virus Disease atau COVID-19.

"Tactical Floor Game merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan TNI, Polri dalam rangka mengantisipasi dan mengecek kesiapsiagaan unsur-unsur pelaksana di lapangan mulai dari tingkat Polsek, Polres, Polda termasuk juga instansi samping diantaranya Koramil, Kodim dan juga pemerintah daerah mulai dari RT, RW, kelurahan, Walikota," kata Kombes Polisi Komarudin di Pontianak, Jumat.

Pelaksanaan TFG disaksikan langsung oleh Kapolda Kalimantan Barat Irjend Polisi Dr. R.Sigid Tri Hardjanto, PJU Polda Kalbar, para Kapolres jajaran Polda Kalbar, Walikota Pontianak, Dandim 1207 BS serta Kepala BNPB Kota Pontianak.

"Jadi kegiatan ini untuk memastikan dan mengecek kesiapsiagaan dalam mengantisipasi berbagai fenomena sosial yang saat ini berkembang" katanya.

Kemudian lanjutnya, untuk memastikan dan memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat terkait Harkamtibmas tugas pokok Polri, maka kegiatan ini untuk memantau dan mengecek seluruh personil yang ada, kelengkapan sarana prasarana, sampai dengan skenario skenario sekiranya ada peningkatan eskalasi.

"Selain itu saat ini kami harus mengantisipasi kebakaran hutan, serta masyarakat juga dihadapkan dengan fenomena sebaran virus Corona. Inilah permasalahan yang ada, kami harus siap dalam menghadapinya, termasuk personel personel yang akan diterjunkan" tutupnya.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020