Dandim 1202/Singkawang, Letkol Arm Victor J.L Lopulalan beserta rombongan harus menempuh medan sulit berupa sungai serta jalan terjal dan perjalanan tujuh jam untuk mengantarkan langsung bantuan beras dari Pemrov Kalbar untuk masyarakat Desa Sungkung, Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang, Kalbar.

"Untuk mencapai desa itu kami berangkat dari Kantor Kecamatan Siding dengan menggunakan sepeda motor trail, dan ikut dalam rombongan kami yaitu anggota anggota DPRD Kabupaten Bengkayang, Deo Rajiman, Camat Siding, M. Iqbal, Dokter Lobo, Danramil 1202-09/Jgb Mayor Inf Katirin, Danki C Yonif 645/Gty Lettu Inf Sigit , Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta Prajurit Kompi C Yonif 645/Gty," kata Victor J L Lopulalan yang memimpin langsung pengawalan distribusi beras bantuan itu di Bengkayang, Sabtu.

Dia menjelaskan, untuk menuju daerah Sungkung, rombongan harus menggunakan jalur darat, dengan menaiki sepeda motor trail. Bantuan beras dibawa masing-masing personel di jok belakang agar bisa sampai ke masyarakat.

"Rombongan kami harus melewati jalan terjal dan sungai tanpa jembatan, atau perjuangan yang cukup berat untuk bisa sampai ke wilayah Sungkung, sehingga berangkat dari Kantor Kecamatan Siding pukul 11.00 WIB dan tiba di wilayah Sungkung tepat pukul 17.30 WIB," katanya.

Dia menambahkan, prajurit Kodam XII/Tpr selau berusaha membantu kesulitan yang dialami masyarakat di perbatasan, khususnya untuk meringankan beban masyarakat Sungkung yang terdampak wabah virus corona.

Ia menambahkan, selain memberikan bantuan beras, pihaknya juga melakukan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan.

Menurutnya, TNI bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Bengkayang dalam hal ini Puskesmas Siding, juga melakukan sosialisasi tentang langkah-langkah upaya pencegahan penyebaran COVID-19 kepada masyarakat perbatasan tersebut.

"Dalam kesempatan itu kami juga lakukan imbauan kepada masyarakat untuk waspada dan mentaati semua kebijakan pemerintah dengan berdiam di rumah dan membatasi kegiatan di luar rumah hingga situasi benar-benar aman dari penyebaran virus corona tersebut," katanya.


 

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020