Ruas jalan di bukit Geting Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, daerah perbatasan Indonesia - Malaysia wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat saat ini tertimbun tanah longsor di bukit tersebut, akibatnya kendaraan yang melintas di daerah tersebut sementara masih terganggu.

" Informasi sementara yang kami dapatkan kejadian longsor itu sekitar pukul 03.00 WIB subuh tadi, yang diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencama Daerah Kapuas Hulu, Gunawan, dihubungi ANTARA, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis.
 
Longsor yang terjadi di puncak Genting Lanjak menutupi ruas jalan menuju Danau Sentarum dan perbatasan Indonesia - Malaysia, Kecamatan Batang Lupar, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. (istimewa)



Disampaikan Gunawan, ruas jalan yang tertimbun tanah tersebut pas di puncak bukti Genting Lanjak sekitar empat hingga lima meter, tidak ada korban jiwa tanah hanya longsor menimbun ruas jalan.


Baca juga: Bukit Momuluk Sintang longsor
Baca juga: Dua pengendara ditimpa longsor saat melintas di Jalan Pahlawan Manokwari


Menurut dia, pihak kecamatan yaitu Camat, Kapolsek dan Koramil serta warga setempat sudah kelokasi dan sejumlah warga juga berupaya membersihkan kayu dan tanah di ruas jalan secara manual.
 
Longsor yang terjadi di puncak Genting Lanjak menutupi ruas jalan menuju Danau Sentarum dan perbatasan Indonesia - Malaysia, Kecamatan Batang Lupar, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. (istimewa)


" Untuk pembersihan tanah longsor itu kami sarankan pak camat menghubungi pihak PT Erma agar menggunakan alat berat, saat ini memang sudah bisa dilalui kendaraan namun ekstra berhati - hati," kata Gunawan.

Ruas jalan di Bukit Geting Lanjak, selain jalan penghubung Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu menuju pintu perbatasan Indonesia - Malaysia, juga merupakan ruas jalan yang di lalui menuju wisata Danau Sentarum.


Baca juga: Longsor tutup akses transportasi di bagian barat Gorontalo Utara
Baca juga: Longsoran batu besar tutup Jalan Raya Garut-Pameungpeuk
Baca juga: Bencana longsor dan jalan ambles di wilayah barat Gorontalo

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020