Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 1202/ Singkawang, mengajarkan anak-anak membaca dan menulis Al-Quran di Masjid Istiglal, di Desa Danti, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang. 

“Saya diperintahkan oleh Dansatgas TMMD, untuk juga mengajar anak-anak di sini mengaji,” kata Praka Agus di Bengkayang, Selasa.

Dia menjelaskan, selain menjalankan perintah atasannya, ia juga memiliki motivasi untuk membagi dan mewariskan pengetahuan agama kepada generasi muda. Dan hal ini juga sebagai bekal hidupnya di dunia dan akhirat.

Menurut Praka Agus, dengan ilmu membaca dan menulis Al-Quran itu, maka nantinya generasi muda dapat selalu terjaga hidupnya dari perbuatan yang dapat merugikan dirinya sendiri dan orang lain. 

“Kemampuan mengaji mereka sudah sangat bagus, namun ada sebagian kecil yang harus disempurnakan hurufnya dengan baik,  akan tetapi pada umumnya anak-anak ini sangat antusias belajarnya dan luar biasa,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Dansatgas TMMD Reguler ke-108, Letkol Arm Victor J L Lopulalan mengatakan, mengajar baca dan menulis Al-Quran kepada anak-anak itu, memiliki ketertarikan tersendiri bagi Agus. Selain dapat berbagi pengetahuan juga merasakan ketenteraman hati baginya. 

"Saya berharap, Agus terus memperdalam pengetahuan baca Al-Quran. Dengan berbekal kemampuan itulah, dimanapun dirinya bertugas akan selalu mengajarkan ngaji kepada anak-anak sesuai dengan kemampaun yang dimilikinya," katanya.


 

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020