Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menyerahkan bantuan delapan ton beras untuk korban bajir pada lima kecamatan di Kabupaten Sintang serta bantuan bahan pangan lainnya ke Kabupaten Melasi.

"Bantuan pangan ini diambil dari cadangan pangan Provinsi Kalbar. Kemudian ada juga bantuan lima ton beras dari Dinas Sosial dan sejumlah perlengkapan untuk korban banjir dari Dinsos dan BPBD Kalbar," kata Kepala Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalbar, Munsif di Pontianak, Selasa.

Dia mengatakan, bantuan tersebut telah diserahkan kepada Bupati Sintang untuk disalurkan kepada korban banjir di 5 kecamatan untuk 8.100 KK.

Baca juga: Pemkab Sintang bantu sembako untuk korban banjir di Kayan Hilir

"Jadi hari ini saya bersama Kadinsos Yuline dan Kepala BPBD Provinsi Kalbar Lumano menyerahkan langsung bantuan tersebut. Selain itu, pada hari ini kita juga menyalurkan bantuan pangan untuk korban banjir di Kabupaten Melawi," tuturnya.

Munsif menjelaskan bantuan ini merupakan wujud kepeduliaan Gubernur Kalbar yang melakukan aksi cepat dengan memerintahkan jajaran OPD terutama dinas pangan, sosial dan BPBD untuk segera menyalurkan bantuan.

Adapun bantuan Pemprov yang diberikan untuk Kabupaten Melawi berupa beras cadangan pangan pemprov sebanyak 14 ton, beras cadangan regional dari Dinsos Kalbar sebanyak 5 ton dan sejumlah perlengkapan dan makanan lainnya dari BPBD Kalbar.

Baca juga: Korem 121/Abw Salurkan Bantuan Korban Banjir

"Bantuan ini merupakan bantuan spontan dari Gubernur Kalbar yang diperintahkan kepada kami untuk segera memberikan kepada masyarakat terdampak banjir di dua kabupaten ini. Jika bantuan ini masih kurang, kita minta kepada pemda agar bisa melakukan koordinasi dan memberikan data korban, karena kemungkinan ada tambahan bantuan yang diperlukan," kata Munsif.

Saat ini Gubernur Kalbar juga sudah meminta untuk melakukan pendataan korban banjir bagi daerah lainnya dan saat ini juga sudah disiapkan bantuannya.

"Fokus penyerahan bantuan berikutnya akan kita salurkan ke Ketapang terkait banjir di Kecamatan Jelai Hulu, juga bantuan susulan ke Kabupaten Landak yang juga mengalami banjir. Demikian pula ke Pemkab Sanggau terkait banjir di Desa Nekan, Entikong dan wilayah lainnya di Kabupaten Kapuas Hulu," tuturnya.

Baca juga: Kapolres Sintang serahkan bantuan untuk warga Kayan Hilir
Baca juga: Tiga kecamatan di Kabupaten Sintang dikepung banjir ribuan rumah terendam
Baca juga: Ribuan rumah warga tiga kecamatan di Sintang terendam banjir

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020