Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menyerahkan bantuan 7,851 ton beras kepada Pemkab Landak yang selanjutnya akan diserahkan kepada masyarakat terdampak banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten tersebut.

"Kami hari ini mewakili dan atas nama Gubernur Kalbar menyerahkan langsung bantuan beras sebanyak 7.851 kilogram atau 7, 851 ton untuk 7.549 jiwa korban pascabanjir di wilayah Kecamatan Sengah Temila, Mandor, Menyuke dan Sebangki Kabupaten Landak kepada Bupati Landak Ibu dr. Karolin Margret Natasha," kata Kepala Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat Muhammad Munsif di Ngabang, Jumat.

Bantuan Gubernur tersebut merupakan bantuan tahap kedua dengan fokus membantu Pemkab Landak mengantisipasi kerawanan pangan pascabencana banjir. Selain bantuan beras 7, 851 ton juga diserahkan mi instan 50 dus, makanan siap saji, lauk pauk, matras, selimut dan perlengkapan bayi/keluarga dari BPBD Provinsi untuk BPBD Kabupaten Landak.

Terkait berbagai bantuan yang diberikan ini, Bupati Landak, Karolin mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang telah berpartisipasi meringankan beban masyarakat Kabupaten Landak yang tengah dilanda bencana.

"Terima kasih kepada Gubernur Kalbar dan seluruh jajaran Pemprov Kalbar atas bantuan yang disampaikan pada hari ini," kata Karolin.

Dia mengatakan, beberapa waktu lalu memang sebagian wilayah Kabupaten Landak mengalami bencana banjir, dan pemerintah Kabupaten telah berupaya semaksimal mungkin memberikan bantuan untuk para korban walaupun dengan berbagai keterbatasan. Untuk itu dengan adanya sinergi dengan pemerintah provinsi ini sangat membantu kekurangan yang ada pasca bencana.

"Kami juga berupaya menyediakan cadangan pangan bantuan kepada para korban tetapi tentunya masih banyak kekurangan karena keterbatasan di Kabupaten, oleh karena itu sinergi antara pemerintah Provinsi dan pemerintah Kabupaten memang sangat dirasakan manfaatnya," tuturnya.

Lebih lanjut Karolin menyampaikan semua bantuan akan segera didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir yang telah terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Landak.

"Distribusi bantuan ini akan kami atur sebaik-baiknya dalam tempo yang sesingkat-singkatnya dalam upaya kita membantu maayarakat yang terdampak bencana banjir," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020