Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengapresiasi Pemkab Kubu Raya yang berperan aktif dalam sektor pangan dan percepatan pembentukan desa mandiri bagi Kalbar.

"Di usianya yang masih muda, Kabupaten Kubu Raya mampu menunjukkan potensinya dan berkontribusi bagi pembangunan Kalbar sehingga ini patut diapresiasi. Kita harap ke depan Kubu Raya mampu berkontribusi lebih bagi Kalbar dan semakin menanjak," katanya saat menghadiri perayaan HUT ke-13 Kabupaten Kubu Raya di Sungai Raya, Jumat.

Ia juga meminta ke depan Kubu Raya bisa lebih baik dan maju serta mampu berkontribusi lebih bagi Provinsi Kalbar maupun di luar Kalbar terkait dengan kebutuhan tertentu, terutama pangan atau beras.

Meski demikian, dirinya juga mengapresiasi kontribusi Kabupaten Kubu Raya terhadap Pemerintah Provinsi Kalbar di beberapa sektor, khususnya pangan dan desa mandiri.

"Diusianya yang ke-13 tahun, Kabupaten Kubu Raya sudah sangat memberikan kontribusi besar terhadap Pemerintah Provinsi Kalbar khususnya terkait ketersediaan pangan di Kalbar maupun di Kubu Raya sendiri dan menciptakan desa mandiri yang saat ini kabupaten termuda di Kalbar itu sudah memiliki 25 desa mandiri. Namun, untuk hal-hal tertentu, Kubu Raya perlu melakukan peningkatan," katanya.

Sutarmidji menuturkan meski Kubu Raya sudah berkontribusi terkait hal-hal tertentu, daerah itu juga harus lebih meningkatkannya.

Dia optimistis di bawah kepemimpinan Bupati Muda Mahendrawan dan Wakil Bupati Sujiwo, Kubu Raya mampu lebih maju dan meningkatkan sinergitas pemerintah daerah bersama TNI-Polri dan tokoh masyarakat.

"Alhamdulillah, saat ini di Kubu Raya sudah tidak ada lagi desa yang sangat tertinggal karena Kubu Raya sudah melakukan konsep menuju desa mandiri. Meski Kubu Raya sudah memiliki 25 desa mandiri, tapi kita inginkan ke depannya akan ada lagi 25 bahkan 30 desa mandiri sehingga jumlah desa mandiri di Kubu Raya setiap tahunnya semakin bertambah", tuturnya.

Usai menggelar upacara, Gubernur Kalbar Sutarmidji juga menyerahkan bantuan program Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan menyerahkan bantuan mobil Komodo yang diperuntukkan khusus di lahan gambut guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kabupaten itu.

Dalam perayaan HUT Kubu Raya tersebut, pemkab juga menggelar ramah tamah dan refleksi 13 tahun perjalanan Kubu Raya yang dihadiri tim pemekaran/pembentukan Kabupaten Kubu Raya, forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat dari berbagai suku dan agama di kabupaten ke-14 di Provinsi Kalbar itu.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020