PT Pertamina bersama Dinas Perindagkop dan UKM Singkawang menggelar Operasi Pasar (OP) elpiji subsidi di lima kecamatan sebagai antisipasi kelangkaan menjelang Idul Adha 2020.

"Operasi Pasar ini bertujuan untuk mengatasi kelangkaan elpiji tiga kilogram yang terjadi dalam sebulan terakhir di Kota Singkawang. Sekaligus membantu masyarakat dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H," kata Kepala Disperindagkop dan UKM Singkawang, Muslimin, Selasa.

Pelaksanaan operasi pasar dari tanggal 28-30 Juli dengan waktu dan lokasi yang sudah ditentukan. Seperti Kecamatan Singkawang Tengah, akan dilaksanakan di dua titik, yaitu Kantor Camat Singkawang Tengah dan Lurah Roban. 

Kecamatan Singkawang Barat akan dilaksanakan di dua titik, yaitu Kantor Camat Singkawang Barat dan depan Puskesmas Pasar. "Jadi hari ini, ada empat titik yang akan dilaksanakan Operasi Pasar," tuturnya.

Sedangkan hari Rabu (29/7), akan dilaksanakan di Kecamatan Singkawang Selatan di dua titik, yaitu Kantor Camat Singkawang Selatan dan Kantor Lurah Sijangkung. 

Kemudian, di Kecamatan Singkawang Timur dilaksanakan di satu titik, yaitu Kantor Camat Singkawang Timur. 

Sementara hari Kamis (30/7) akan dilaksanakan di Kecamatan Singkawang Utara di dua titik, seperti Kantor Camat Singkawang Utara dan Kantor Lurah Setapuk Besar. 

Untuk setiap titik, akan ada sebanyak 560 tabung elpiji tiga kilogram yang akan disiapkan oleh Pertamina dan harganya adalah sesuai eceran tertinggi yakni sebesar Rp16.500 per tabung. 

Adapun syarat agar warga bisa mendapatkan elpiji tersebut, yaitu setiap warga bisa menyiapkan KTP dan KK dengan membawa tabung kosong kemudian membayarnya sebesar Rp16.500. 

"Saya berharap operasi pasar yang dilakukan nanti dapat sedikit mengatasi persoalan elpiji dan yakinlah kalau kami bersama Satpol PP, Satgas Pangan, Camat dan Lurah akan memonitor jalannya operasi pasar tersebut, meski yang dilakukan tersebut belum sepenuhnya menyelesaikan persoalan terkait dengan kelangkaan elpiji 3 kilogram," tuturnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020