Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) terhadap data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) tahun 2020 sebanyak 220.588 pemilih.

Coklit dilakukan KPU melalui Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang telah dilaksanakan mulai 15 Juli hingga awal Agustus 2020.

"Setelah dilakukan Coklit terhadap data DP4 maka penyusunan hasil Coklit terjadwal pada 7 Agustus sampai 29 Agustus 2020," ujar Ketua KPU Bengkayang, Musa Jairani saat dihubungi di Bengkayang, Jumat.

Musa menjelaskan bahwa jika ada kekeliruan maka dimungkinkan untuk dilakukan perbaikan selagi masih masa Coklit.

DP4 Kementerian Dalam Negeri melalui KPU RI ada sekitar 220.588 ribu pemilih di Kabupaten Bengkayang yang dilakukan Coklit oleh KPU melalui PPDP di tingkat TPS tersebar di 17 kecamatan dan 122 desa serta 2 kelurahan. Dalam Coklit melibatkan 720 PPDP.

"Saat ini dari data KPU ada 720 TPS. Masih ada kemungkinan berkurang. Jika hasil Coklit telah ditetapkan nantinya, sebab pertambahan data pemilih itu berasal dari usia pemilih yang sudah 17 tahun atau sudah menikah sampai dengan hari H pemungutan suara, pensiunan TNI/Polri, semuanya punya hak pilih," ucap Musa.

Ia menambahkan terkait Pensiunan TNI/Polri, KPU Bengkayang akan berkoordinasi dengan TNI/Polri yang ada di tingkat Kabupaten Bengkayang. Begitu juga, jika berkurangnya jumlah pemilih karena meninggal dunia atau pindah tempat tinggal secara administrasi kependudukan, maka dari itu KPU Bengkayang melakukan Coklit terhadap data pemilih sebelum ditetapkan dan di umumkan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS).

"Pengumuman DPS akan dilakukan pada 19 - 28 September 2020 di setiap TPS dan mantor desa untuk mendapatkan masukan dan tanggapan masyarakat. Oleh karena itu KPU Kabupaten Bengkayang mengharapkan agar partisipasi dari masyarakat pada masa Coklit benar-benar dimanfaatkan sehingga tidak ada lagi masalah belum terdatanya masyarakat yang mempunyai hak pilih, begitupun seluruh petugas PPDP wajib mencoklit seluruh data yang terdapat pada DP4," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020