Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kodam XII/Tanjungpura kembali menyalurkan bantuan paket Sembako kepada 842 Kepala Keluarga (KK) yang merupakan korban bencana angin puting beliung di Kelurahan Sungai Beliung Kecamatan Pontianak Barat, Kalimantan Barat, yang diserahkan secara simbolis oleh Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. 


"Pada siang hari ini, kami memberikan paket Sembako bantuan dari bapak Kepada Staf Angkatan Darat (Kasad). Pemberian Sembako ini juga dalam rangka peringatan HUT ke-75 kemerdekaan RI. Bantuan ini memang sengaja di salurkan kepada masyarakar yang terdampak bencana angin puting beliung pada bulan Juli yang lalu," kata Muhammad Nur Rahmad di Pontianak Minggu.

Sebelumnya, kata Pangdam XII/Tpr juga telah menyalurkan bantuan serupa kepada masyarakat terdampak puting beliung di Kelurahan Batu Layang Kecamatan Pontianak Utara. Di Kelurahan Batu Layang bantuan yang disalurkan sebanyak 392 KK. 

"Dengan bantuan Sembako dari bapak Kasad ini, kami berharap dapat meringankan beban para korban bencana angin puting beliung," katanya.

Ia mengatakan bantuan-bantuan seperti ini memang harus segera diberikan kepada para korban bencana. Apa lagi saat ini pemerintah sedang sangat serius menangani penyebaran COVID-19 ini. "Jadi mudah-mudahan dengan bantuan ini bisa meringankan para korban bencana angin puting beliung," katanya.

Sementara itu Wahyu, salah satu tokoh masyarakat Pontianak Barat mengatakan ia dan warga sangat merasa bangga atas reaksi cepat dari berbagai kalangan yang langsung memberi bantuan kepada masyarakat Kelurahan Sungai Beliung yang terkena bencana angin puting beliung beberapa waktu lalu. Hal ini khususnya dialamatkan kepada anggota TNI baik dari Kodim 1207/BS dan Kodam XII/Tpr. 

"Kami sangat bangga sekali dengan anggota TNI yang sejak hari pertama pasca bencana puting beliung dan hingga kini terus memberikan kami berbagai bantuan. Bantuan itu berupa bantuan Sembako dan perehaban rumah-rumah kami yang rusak diterjang angin puting beliung," katanya.

Wahyu juga mengatakan, dengan kehadirian anggota TNI saat masyarakat terkena bencana ini mampu membuat masyarakat menjadi semangat dan terobatilah trauma yang dialami warga kerena bencana puting beliung ini.

"Disini kami masyarakat Pontianak Barat yang terkena bencana angin puting beliung ini sangat trauma. Namun berkat kesigapan anggota TNI yang langsung turun membantu, mulai dari menyediakan makanan siap santap, perbaikan rumah dan lain-lain. Sehingga rasa trauma kami menjadi hilang dan rumah kami dengan segera diperbaiki. Alhamdulillah dan terima kasih kami kepada bapak Kasad, bapak  Pangdam dan bapak Dandim 1207/BS beserta jajarannya," kata Wahyu mengakhiri.


 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020