Bupati Melawi, Panji dan Ketua TP PKK Melawi Nurbetty Eka Mulyastri mendapatkan dua penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI. Penghargaan itu diberikan berkat sukses menjalankan program Bangga Kencana di Kota Juang.

Mewakili BKKBN RI, penyerahan penghargaan itu langsung dilakukan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Tenny Calvenny Soriton yang datang langsung ke Kantor Bupati Melawi.

"Adanya dua penghargaan Manggala Karya Kencana yang diberikan kepada kami dan Ketua TP PKK Melawi ini menjadi tanggung jawab untuk menjalankan program ke depan lebih maksimal lagi. Beberapa program yang sudah berjalan harus ditindaklanjuti dengan gencar, sebagai usaha membangun SDM Melawi dari lini keluarga," kata Bupati Melawi, Panji, Kamis.

Baca juga: Ini penjelasan Bupati Sambas atas penghargaan dari BKKBN RI

Ia mengatakan, segala sesuatu yang terencana akan baik pula hasilnya. Dimulai dari perencanaan pendidikan keluarga, pendidikan, kesehatan, perekonomian sampai angka kelahiran menurut Panji harus direncanakan dengan baik.

"TP PKK Melawi juga mengemban tugas buat membantu melakukan sosialisasi tentang lembaga keluarga dan keluarga berencana ini. Dan, saya ingin keluarga di Melawi menjadi Keluarga kuat dan terencana," katanya.

Bicara masalah anggaran, Panji menjelaskan di tahun depan khusus buat pembangunan keluarga akan diupayakan anggaranya lebih dari tahun ini.

"Sementara untuk saat ini petugas KB di lapangan kami menilai di Melawi masih cukup. Dan, saya meminta tugas teman-teman Penyuluh KB di lapangan untuk benar-benar bisa hadir di masyarakat," katanya.

Dalam kesemparan yang sama, Ketua TP PKK Melawi, Nurbetty Eka Mulyastri menuturkan, ke depan PKK akan semakin aktif dalam menjalankan program Bangga Kencana.

Menurutnya, program-program yang telah berjalan akan ditingkatkan. Untuk menuju keluarga hebat, salah satu upayanya dengan mengadakan seminar buat pasangan suami istri.

"Ini merupakan upaya kami buat membentuk keluarga hebat," katanya.

Pemonitoran jalannya program di 25 Kampung KB yang ada di Melawi ke depan juga semakin digencarkan.

"Semua program akan kami sosialisasikan. Mulai dari keluarga hingga pembinaan para remaja. Tim PKK yang ada di tiap kecamatan sudah miliki tupoksinya masing-masing. Sekarang tinggal menjalankan bagaimana sebuah program itu bisa berjalan maksimal," tandasnya.

Baca juga: Penghargaan BKKBN Untuk Kodim Sambas
Baca juga: Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar nilai kinerja PKB dan PLKB Sambas sudah baik
Baca juga: Empat Kabupaten di Kalbar raih penghargaan dari BKKBN RI

 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020