Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Tenny Calvenny Soriton mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sambas meraih juara satu program "Bangga Kencana" pada momen Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2020, tingkat Provinsi Kalbar.

"Penghargaan ini memang setiap tahun diberikan oleh BKKBN RI pada sosok dan lembaga yang peduli dengan program Bangga Kencana. Dan untuk Kabupaten Sambas menjadi juara satu tingkat provinsi Kalbar tentang program Bangga Kencana itu," kata Kaper BKKBN Kalbar, Tenny Calvenny Soriton saat dihubungi di Sambas, Kamis.

Tenny menjelaskan terobosan yang dibuat Pemkab Sambas hingga juara satu tersebut, seperti kunjungan penyuluh keluarga berencana jemput bola ke rumah-rumah masyarakat yang dinilai sangat inovatif. 

Apalagi di tengah pandemi COVID-19, saat ini pemberian alat kontrasepsi jangan sampai terhenti, karena bisa berisiko terhadap peningkatan angka kehamilan dan berisiko pada kematian ibu melahirkan, katanya. 

"Saya juga melihat peran Pemkab Sambas dalam merangkul para mitra sangat baik, sehingga inovasi yang dilakukan ini menjadi penilaian kami," ungkapnya.

Sementara itu ujarnya lagi, untuk koordinasi bersama mitra, Kabupaten Sambas juga mendapatkan penghargaan. Penghargaan itu diraih Kodim Sambas yang langsung diberikan oleh Panglima TNI, katanya.

"Semua yang dilakukan Pemkab Sambas untuk mendukung program Bangga Kencana sangat nyata, termasuk mendukung tenaga penyuluh lapangan KB yang kurang di lapangan dan bisa diangkat kembali. Dan apa yang dilakukan itu bisa menunjang program Bangga Kencana ke depan semakin baik, khususnya di Kabupaten Sambas," kata Tenny.

Sementara itu,  Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili menyatakan, penghargaan yang pihaknya raih itu berkat sinergi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dalam menjalankan program peningkatan ketahanan keluarga dan Keluarga Berencana (KB).

"Dengan diraihnya penghargaan ini, mudah-mudahan seluruh kader di pedesaan semakin bersemangat untuk melaksanakan program Bangga Kencana," ujarnya.


 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020