Sedikitnya 50 guru tingkat Sekolah menengah pertama (SMP) di Sintang, Kalimantan Barat menjalani swab dengan hasilnya dinyatakan negatif termasuk juga Bupati Sintang Jarot Winarno yang juga hasil swabnya negatif.

" Saya juga swab untuk memberi semangat pada guru, agar tidak takut di swab test, lalu murid yang kita siapkan untuk belajar tatap muka juga di swab test untuk hasilnya negatif," kata Bupati Sintang, Jarot Winarno, di Sintang, Kalimantan Barat, Minggu.

Disampaikan Jarot, selain untuk mengetahui apakah dirinya positif atau negatif COVID - 9, uji swab test PCR yang dia lakukan untuk memberi motivasi pada para guru dan siswa agar tidak takut menjalani swab test.

Menurut Jarot Untuk di Kabupaten Sintang, jsekolah yang disiapkan kembali proses belajar tatap muka diantaranya yaitu SMP Panca Setya dua (2) dan SMPN (1) satu Sintang. Kedua sekolah tersebut, baik guru dan muridnya harus menjalani swab test COVID - 19.

Dikatakan Jarot, untuk SMP Panca Setya 2 beberapa waktu lalu, baik murid mau pun gurunya sudah di swab, sekarang SMPN 1 Sintang, guru dan muridnya juga di swab. 

" Kedua sekolah ini saya anggap siap untuk melaksanakan uji coba belajar tatap muka beberapa hari ke depan," jelas Jarot.

Jika di SMPN 1 Sintang dan SMP 2 Panca Setya Sintang lancar melaksanakan proses belajar tatap muka, maka akan dikembang ke sekolah - sekolah lainnya.

Ia mengatakan swab test itu sangat penting guna mengetahui apakah negatif atau positif COVID - 19 terlebih untuk rencana proses kegiatan belajar tatap muka.

"Swab iitu demi kita, biar kita tahu positif atau negatif COVID - 19, sehingga proses belajar tatap muka bisa lancar," ucap Jarot. 

Kepala Dinas Kesehatan Sintang, Harysinto linoh mengatakan kurang lebih 50 guru SMPN 1 Sintang ikut swab. Hanya ada empat orang saja yang belum hadir, karena masih di luar kota. Nanti mereka di swab di Dinkes kalau mereka sudah di Sintang. 

Sementara untuk SMP Panca Setya 2, kata Sinto, baik guru mau pun murid, semuanya sudah dilakukan swab dan hasilnya negatif semua. Sehingga sekolah tersebut siap untuk memulai proses belajat tatap muka.

 

Pewarta: Tantra/Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020