Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3A P2KB) Kabupaten Sambas, Hendy Wijaya mengatakan dilaksanakanya kegiatan sosialisasi pembangunan keluarga yang diberu nama Generasi Remaja (GenRe) Ceria 2020 di Sambas ini, untuk merangkul anak-anak muda Sambas guna mencegah terjadinya penggunaan narkoba dan perlakuan seks bebas serta hal-hal yang dapat merusak para generasi remaja. 

"Kegiatan GenRe Ceria 2020 ini merupakan kerjasama antara BKKBN Kalbar dan Dinas P3A P2KB Sambas atau OPD KB dan dengan memberlakukan protokol kesehatan COVID-19. Penerapan protokol kesehatan ini, kami selain memberi pembekalan pembambangunan keluarga juga mengajak kepada para remaja ini untuk bisa beradaptasi dengan era new normal," kata Kadis P3P2KB Sambas, Hendy Wijaya di Sambas, Minggu.

Menururnya, para remaja itu harus tetap didorong untuk terus produltif dan berkreatif pada hal-hal positif walau dimasa pandemi COVID-19 seperti ini. Dimana saat ini pada remaja sangat rentan terhadap pengaruh-pengaruh dari luar yang cendrung betakibat negatif seperti penyalahgunaan narkoba. Ia juga mengakui hal ini juga bisa terjadi kepada remaja di Kabupaten Sambas dan sangat memprihatinkan. Ditambah lagi terjadinya adanya pergaulan bebas dan nikah dini.

"Untuk itu saya sangat bersukur terselenggaranya kegiatan ini  yang dapat merangkul para remaja kami. Dan disini kami bisa memberi pemahaman dan sebagai sarana edukasi tentang bagaimana mempersiapkan diri sebaik mungkin yang bagai menjadi orang tua dan membangun keluarganya dengan baik dimasa depan," katanya.

Sementara itu, untuk memerangi COVID-19 para GenRe Sambas ini juga kami dorong agar bisa menjadi habit para GenRe Sambas, dimasa pandemi COVID-19. 

"Mereka  harus memiliki habit atau kebiasaan dimasa pandemi COVID-19 ini harus selalu 3M yaitu, memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan dengan sabun. Hal juga harus para GenRe ini tularkan kepada orang-orang sekitarnya, teman-teman, tetangga, adik-kakaknya dan orang tuanya," kata Hendy.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Tenny C Soriton mengatakan, dengan pelaksanaan kegiatan GenRe Ceria 2020 ini menunjukkan bahwa BKKBN Kalbar tetap hadir terutama saat ini di Kabupaten Sambas. BKKBN Kalbar bersama para OPD KB se-Kalbar tetap akan selalu hadir dalam menjalankan program pembangunan keluarga dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan COVID-19.

"Kami berterima kasih sekali dengan dukungan dari Pemkab Sambas yang kami nilai sangat baik dalam mendukung program pembangunan keluarga. Seperti kegiatan GenRe Ceria 2020 ini yang langsung menyentuh kepada para generasi muda di wilayah Kabupaten Sambas ini," katanya.


 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020