Guna lebih mempererat hubungan antara personel TMMD Kodim 1015/Spt dengan masyarakat di Kecamatan Pulau Hanaut,  personel Satgas TMMD Reguler ke-109 itu sebelum istrirahat malam menyempatkan diri melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan berkumpul di balai desa bersama warga setempat.

Berbagai kegiatan dilakukan walau hanya sekedar bermain remi boks atau gaplek sambil menikmati secangkir kopi dan hidangan makanan ringan serta obrolan canda tawa yang penuh keakraban.

"Setiap malam kami tetap melakukan silahturahmi dengan masyarakat desa setempat, ada kalanya cuman duduk sambil bercerita di temani secangkir kopi. Kadang bermain domino juga, dimana yang kalah harus di jepit telinganya dengan menggunakan jepitan pakaian," ujar Pratu Ahmad Erwanto, Minggu.

Terkadang menurut Pratu Ahmad Erwanto, sebagian pemuda yang juga terlibat dalam kegiatan bersama di malam harinya.

"Bahkan tak jarang kami dipersilahkan  untuk beristirahat bersama di balai Desa Bapinang Hilir dengan kami anggota Kodim 1015/Spt," katanya.

Sementara itu,  Dandim 1015/Spt Letkol Czi Akhmad Safari mengatakan mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat itu wajib dilakukan personel yang terlibat selama pelaksanaan TMMD ke-109 di Pulau Hanaut. ia mengatakan sebagai TNI, setiap personel memiliki tanggung jawab penuh terhadap kelangsungan hidup bangsa yang sekaligus berperan sebagai garda untuk keutuhan NKRI berjalan dengan tertib dan aman.

"TNI secara historis juga berasal dari rakyat biasa dan tentunya mereka akan kembali ke rakyat pula," kata Dandim.

Letkol Czi Akhmad Safari menambahkan, hal itulah yang tergambar saat Satgas TMMD ke 109 Kodim 1015/Spt bersama masyarakat Desa Bapinang Hilir, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur berkumpul di balai desa setempat.

"Berkumpulnya prajurit TNI dengan masyarakat tersebut melakukan permainan kartu domino untuk sekedar melepaskan penat dan rasa capek setelah seharian melakukan aktivitas fisik dan non fisik," katanya.


 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020