Ada tujuh orang bakal calon yang sudah mendaftarkan diri dalam penjaringan pemilihan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak periode 2020-2024.

"Sesuai jadwal penjaringan bakal calon yang sudah ditentukan dari tanggal 2-16 Oktober 2020, yang resmi mendaftar ada tujuh orang bakal calon rektor,” ujar panitia seleksi pemilihan Rektor IAIN Pontianak Dr Hj. Fitri Sukmawati di Pontianak, Sabtu.

Ia menjelaskan semua bakal calon yang mendaftarkan diri tersebut dari internal IAIN Pontianak.



"Dalam tahapan pengumuman dan sosialisasi yang dilaksanakan dari tanggal 2-5 Oktober 2020, kami sebenarnya sudah menginformasikan ke semua PTKIN. Namun, sampai hari terakhir pendaftaran bakal calon rektor, pendaftar yang hadir semuanya dosen di lingkungan IAIN Pontianak," katanya.

Setelah pendaftaran bakal calon, babak selanjutnya panitia penjaringan akan melakukan verifikasi berkas administrasi bakal calon rektor pada hari Senin (19/10).

“Verifikasi berkas administrasi bakal calon rektor berdasarkan persyaratan yang telah ditetapkan oleh PMA Nomor 68 Tahun 2015,” katanya.

Ia menambahkan dalam tahapan verifikasi berkas administrasi bakal calon rektor, rapat pleno panjar akan memeriksa dan menguji syarat yang telah disampaikan sesuai PMA 68 Tahun 2015, yang meliputi persyaratan umum, persyaratan khusus dan persyaratan tambahan, yang dibuktikan dengan dokumen yang telah diidentifikasi harus dilampirkan sebagaimana pengumuman panjar sebelumnya.

Panitia penjaringan akan meneliti untuk memastikan semua berkas tersebut lengkap dan benar, selanjutnya akan diumumkan hasil verifikasi dan penetapan bakal calon serta dilanjutkan penyerahan kepada Plt Rektor.



“Jadi, hanya bakal calon rektor yang memenuhi syarat yang dapat lolos dan mengikuti tahapan selanjutnya," tuturnya.

Selanjutnya, pada Selasa (20/10) panitia penjaringan bakal calon rektor akan mengumumkan hasil verifikasi berkas administrasi dan menetapkan bakal calon rektor.

”Alhamdulillah, sejauh ini proses berjalan dengan lancar dan mohon doa serta dukungan semua pihak terutama keluarga besar IAIN Pontianak sampai pemilihan tetap lancar. Sehingga, ke depan bisa mewujudkan IAIN Pontianak yang semakin baik," ujarnya.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020