Wali Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Edi Rusdi Kamtono menyatakan guru adalah pahlawan perubahan dan membawa kemajuan bagi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Dalam memperingati Hari Guru Nasional, kami menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada para guru yang telah mengabdikan dirinya untuk kemajuan dunia pendidikan, khususnya di Kota Pontianak," kata Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Rabu.

Baca juga: Muda Mahendrawan harap guru terus berinovasi meski di saat pandemi

Menurut dia, atas nama Pemerintah Kota Pontianak dan secara pribadi dirinya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada para guru khususnya di Kota Pontianak.

Ungkapan terima kasih itu, dia sampaikan untuk para guru yang telah mengabdikan dirinya secara ikhlas sesuai kompetensi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kota Pontianak.

"Guru itu sebagai pahlawan untuk perubahan dan peningkatan taraf hidup warga dan bangsa kedepan," ujarnya.

Edi menyebut Pemkot Pontianak terus berupaya dalam memperhatikan kesejahteraan guru, dan pihaknya terus mencari formulasi untuk peningkatan kesejahteraan guru.

Baca juga: Pemerintah umumkan seleksi satu juta guru PPPK tahun 2021 bagi guru honorer

Untuk itu, Pemkot Pontianak akan mengalokasikan tunjangan tambahan bagi guru selain sertifikasi yang dibayarkan oleh pemerintah pusat.

"Saya inginkan besarannya sama dengan sebelumnya atau lebih," katanya.

Dirinya juga menyambut baik kebijakan pemerintah pusat yang akan mengakomodir tenaga guru honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK).

Sebagaimana diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan kesempatan bagi satu juta guru honorer menjadi PPPK pada 2021 mendatang.

"Ini sangat menggembirakan karena memang kita kekurangan guru," ujarnya.

Baca juga: Kisah guru perbatasan manfaatkan radio sebagai media pembelajaran
Baca juga: Guru MAN Insan Cendekia Sambas raih juara 1 tingkat nasional
Baca juga: Bupati Landak ajak guru cepat beradaptasi dengan kemajuan teknologi

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020