Ruas jalan nasional penghubung Pontianak-Putussibau di daerah Sulang Kecamatan Pengkadan wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat terancam putus, sebab jalan tersebut longsor hingga mengenai badan jalan.

"Longsor itu sudah mengikis di bawah bibir aspal dan hanya ada drum sebagai tanda, jadi sangat menbahayakan pengendara," kata salah satu pengguna jalan, Suhardi, kepada ANTARA, di lokasi tanah longsor jalan nasional, Kecamatan Pengkadan Kapuas Hulu, Kamis.

Menurut Suhardi, longsor tersebut diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi di Kapuas Hulu, dengan kondisi tersebut sudah hampir dua bulan terakhir.
 
Kondisi longsor di jalan nasional penghubung Pontianak-Putussibau daerah Sulang Kecamatan Pengkadan wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. (ANTARA FOTO/Timotius)



"Jika tidak segera di tangani kami khawatir jalan itu terputus, apalagi ini menjelang Natal dan Tahun Baru," ucap dia.

Ia berharap pemerintah pusat melalui Satuan kerja (Satker) Kementerian Pekerjaan Umum segera melaksanakan perbaikan, mengingat aktivitas pelintas semakin padat.

Hal senada dikatakan sopir salah satu angkutan umum, Amat mengatakan longsor itu berada di tanjakan dan selepas tikungan, sehingga sangat membahayakan pengendara, apalagi saat melintas di malam hari.

Baca juga: Jalan Trans Seram bisa dilalui kendaraan dengan kapasitas terbatas
Baca juga: Jembatan Tidak Diperbaiki, Ruas Jalan Perbatasan Terancam Putus


Terkait kondisi longsor di jalan nasional tersebut, pihak terkait Satker Kementerian PU belum bisa di mintai keterangan.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020