Beroperasi sejak akhir September 2020, bengkel motor Karimunting Mandiri hasil kerja sama CSR PLN Peduli Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat dan Pemerintah Desa Karimunting ini terus berkembang dan semakin terasa manfaatnya bagi warga.

Bengkel yang berlokasi di Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang tersebut dioperasikan oleh montir-montir yang juga secara khusus dilatih melalui program pelatihan dan pemberdayaan CSR PLN Peduli.

Ditemui di kantornya, Iskandar, Kepala Desa Karimunting menyebutkan bahwa sejak diresmikan dan beroperasi, bengkel yang saat ini turut dikelola oleh desa melalui BUMDes ini disebutkan telah menjadi salah satu kebanggaan warga desa dan turut menjadi alat pertumbuhan perekonomian desa.

“Omset per hari bengkel yang beroperasi dari pukul 8 pagi hingga 8 malam ini mencapai minimal 500 ribu rupiah, hal tersebut membantu warga untuk terus berupaya mewujudkan kemandirian ekonominya. Tenaga kerja yang dilatih melalui CSR PLN Peduli sangat mendukung operasional lapangan,” ungkapnya.

Baca juga: Apresiasi Insan Pers, PLN gelar PJA 2020

“Bantuan CSR PLN Peduli ini sangat dirasakan manfaatnya bagi kami, kami mengucapkan terima kasih banyak kepada PLN untuk membantu kami memajukan perekonomian warga,” ujar Iskandar.

Jeprianto (27), salah satu peserta pelatihan yang menjadi pengelola bengkel, menyebutkan dalam sehari sekitar 5 motor pelanggan dapat dikerjakan dan semakin hari semakin banyak pelanggan yang datang. “Laba bersih kami di bulan pertama mencapai sekitar 3 juta rupiah dan terus meningkat di bulan selanjutnya. Kami bersyukur semakin banyak pelanggan yang datang dan percaya,” ujarnya.

Ia menambahkan, “di sini kami juga merangkul pemuda lain untuk ikut serta membuka usaha pemasangan jok di lokasi bengkel, sehingga usaha dapat lebih berkembang dan juga memperluas manfaat yang diperoleh bagi warga desa lainnya.

“Kami terus berupaya untuk menjaga keamanan dan kepuasan konsumen, agar mereka terus kembali ke sini. Kami harap usaha ini dapat terus berkembang dan nantinya mampu merangkul lebih banyak lagi warga untuk ikut memajukan desa dan menggerakkan perekonomian Desa Karimunting,” pungkasnya.

Desa Karimunting sendiri merupakan lokasi berdirinya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Parit Baru Site Bengkayang atau PLTU 3 Kalbar yang telah beroperasi penuh pada sejak Juli 2019 lalu. PLTU tersebut terdiri dari dua unit pembangkit yang berkapasitas total 100 Mega Watt.

Baca juga: Produktivitas perajin perbatasan meningkat berkat hadirnya listrik dari PLN
Baca juga: PLN himbau masyarakat waspada terkait situs lowongan kerja palsu
Baca juga: PLN Sabet Penghargaan dari The Asset Asian Awards

Pewarta: Rilis

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020