Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkayang, Kalimantan Barat Musa Jairani mengatakan semua proses rekapitulasi suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang tingkat kecamatan sudah selesai dilakukan dan kotak suara tersebut juga sudah sampai di gudang KPU .

"Pleno hasil rekapitulasi surat suara Pilkada Bengkayang tahun 2020 di tingkat kecamatan sudah rampung . Pergeseran logistik surat suara dikawal masing-masing penyelenggara Pilkada kecamatan, bersama pihak kepolisian dan TNI. Semua sudah sampai di gudang KPU, dan berjalan lancar,” ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Minggu.

Ia menambahkan setelah rekapitulasi di tingkat kecamatan selanjutnya KPU Bengkayang mempersiapkan perencanaan untuk pleno di tingkat kabupaten.

“Pleno tingkat kabupaten akan dilakukan dalam waktu dekat. Pleno kabupaten belum kami putuskan, mungkin nanti malam kami bahas dulu," kata dia.

Musa juga menjelaskan bahwa selama proses rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kecamatan tidak ada kendala, sampai pada pergeseran logistik kembali ke gudang KPU.

“Saat pemungutan suara juga secara keseluruhan di Kabupaten Bengkayang terutama di 720 TPS yang tersebar di 17 kecamatan berjalan dengan lancar, meskipun ada kendala sedikit tetapi dapat dilewati.,” kata dia.

Komisioner dan staf saat pemungutan dan rekapitulasi suara ada juga terjun langsung ke TPS untuk monitoring pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkayang tersebut.

“Selain itu untuk memastikan bahwa berdasarkan informasi yang didapat dari tim KPU di tingkat kecamatan hingga desa se-Kabupaten Bengkayang bahwa pelaksanaan berjalan dengan aman dan lancar. Kembali, meski ada kendala kecil namun masih bisa diatasi,” kata dia.

Musa juga mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Bengkayang untuk tetap bersama-sama menjaga situasi kondusif yang sudah ada saat ini. Kemudian turut mengimbau seluruh masyarakat agar tidak mudah mempercayai berbagai pemberitaan yang tidak jelas kebenarannya atau hoaks.

“Situasi yang damai dan aman saat ini harus dijaga sampai dengan dikeluarkannya keputusan KPU setelah rapat pleno ditetapkan,” kata dia.

Berdasarkan data Sirekap KPU yang disampaikan melalui website pada Minggu, 13 Desember pukul 17.00 WIB pasangan nomor urut 1 Sebastianus Darwis- Syamsul Rizal unggul dengan memperoleh 13. 930 atau 36,1 persen. Kemudian untuk Paslon urut 2 Mok Fo Tjiu- Alion sebanyak 4.733 suara atau 12,3 persen, Paslon urut 3 Martinus Kajot - dr. Carlos Dja'afara 12.247 suara atau 31,8 persen dan paslon 4 Herman Ivo- Yohanes Pasti sebanyak 7.634 atau 19,8 persen. Perolehan suara paslon dari 31,94 persen suara masuk atau 230 TPS dari total 720 TPS yang ada.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020