Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mendapatkan alokasi Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) terbanyak se-Indonesia dengan alokasi bantuan untuk 3.100 rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun 2020.

"Alhamdulillah, pada tahun ini Kabupaten Kubu Raya mendapatkan bantuan BSPS sebanyak 3.100 rumah tidak layak huni yang tersebar di sembilan kecamatan di kabupaten ini. Untuk bantuan ini sudah terealisasi pada tahun 2020 dan kita harap tahun depan bisa semakin banyak rumah yang mendapatkan program ini," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Kamis.



Menurutnya, untuk tahun 2020, Kubu Raya menjadi kabupaten terbanyak se-Indonesia yang mendapatkan alokasi BSPS tersebut. Bahkan, Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) BSPS yang ada di Kubu Raya menjadi yang terbaik se-Kalbar dan telah mendapatkan penghargaan.

"Tadi malam juga diumumkan bahwa Kubu Raya mendapatkan juara 2 se-Indonesia untuk lomba video BSPS . Ini tentu menjadi kebanggaan kami dari pemkab dan masyarakat Kubu Raya, karena banyak masyarakat yang terbantu dengan adanya program ini," tuturnya.

Muda menjelaskan dengan banyaknya rumah yang menjadi sasaran BSPS, tentu akan mempercepat penurunan angka kemiskinan dan pengurangan rumah tidak layak huni di Kubu Raya.

"Kita harapkan tahun depan, kita bisa lebih baik lagi, sehingga semakin banyak rumah yang mendapatkan program ini. Untuk itu, kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR yang kembali memberikan kepercayaan kepada Kubu Raya untuk melaksanakan program ini," kata Muda.

Dia mengaku banyaknya bantuan BSPS yang diberikan untuk Kubu Raya, tidak lepas dari respons yang sangat baik dan aktif dari Pemkab Kubu Raya dalam mendukung pelaksanaan program-program BSPS, sehingga usulan untuk bantuan BSPS ini bisa diterima.

"Resepnya, karena kita melakukan pendataan langsung ke lapangan, by name by address, sehingga data yang disampaikan benar-benar nyata dan sesuai kebutuhan masyarakat. Ini juga tidak terlepas dari komitmen kita untuk mewujudkan masyarakat Kubu Raya yang bahagia, dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat, salah satunya adalah dari rumah yang baik," katanya.



Kementerian PUPR punya penilaian positif terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terkait pelaksanaan BSPS dari tahun ke tahun. Karena itu, Muda menyatakan akan mempertahankan kinerja tersebut agar tahun depan bisa lebih baik lagi.

"Harapan kami, semoga masyarakat yang menerima bantuan ini bisa meningkatkan kualitas hidupnya dan bisa lebih bahagia," kata Muda.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020