Ketua Harian Satuan tugas (Satgas) COVID-19 Kapuas Hulu Kalimantan Barat Mohd Zaini mengatakan untuk vaksin Kapuas Hulu mendapatkan kuota 420 vial yang di peruntukan 210 tenaga kesehatan di wilayah tersebut.

"Saat ini vaksin masih berada di Dinas Kesehatan Provinsi di Pontianak, namun Kapuas Hulu dapat kuota 420 vial untuk 210 tenaga kesehatan, satu tenaga kesehatan mendapatkan dua kalia baksin atau vial," kata Mohd Zaini, kepada ANTARA, di Putussibau Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Zaini, untuk vaksinisasi itu akan di prioritaskan untuk 1.833 orang petugas kesehatan yang ada di wilayah Kapuas Hulu.

Menurut dia, kuota vaksin untuk Kapuas Hulu tahap pertama ini masih kurang, jika dibandingkan dengan jumlah petugas kesehatan di Kapuas Hulu.

"Tahap pertama ini Kapuas Hulu dapat 420 vial vaksin dan sesuai petunjuk Kementerian kesehatan diperuntukan bagi petugas kesehatan," jelas Zaini.

Ia berharap tahap berikutnya kuota vaksin sesuai dengan jumlah petugas kesehatan di Kapuas Hulu.

"Vaksin di dahulukan untuk petugas kesehatan, kemungkinan untuk selanjutnya baru pihak lain, kami pun belum dapat petunjuk teknis, namun yang jelas di prioritaskan petugas kesehatan," kata Zaini.

Meski pun demikian, Zaini mengatakan langkah-langkah sosialisasi dan penerapan disiplin protokol kesehatan untuk masyarakat tetap dilaksanakan oleh tim gabungan.

Ia mengimbau agar masyarakat bersama-sama memerangi sebaran COVID-19 dengan menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

"Kita semua berharap agar pandemi COVID-19 segera berakhir, dengan catatan agar semua pihak sinergis hingga lapisan masyarakat displin dalam menerapkan protokol kesehatan," pesan Zaini.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021